Puluhan Wartawan PWI Kabupaten Bogor diajarkan Senam Anti Corona

CIBINONG — Untuk tetap menjaga kesehatan serta meningkatkan ketahanan fisik di tengah masa pandemi covid-19, puluhan Jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor, mengikuti senam “Anti Corona” yang di inisiasi oleh Perguruan ilmu tenaga dalam Merpati Putih cabang khusus Jayadiningrat yang dilaksanakan di halaman kantor PWI, Sabtu (26/12).

Dalam kegiatan tersebut para wartawan diberikan tekhnik-tekhnik dasar senam kebugaran untuk menjaga stamina tubuh agar kuat dalam menghadapi berbagai macam penyakit.

H. Sulistianto, S.Ip, MH, dari Perguruan Merpati Putih menjelaskan, latihan tehnik senam kebugaran anti Corona bertujuan untuk menjaga kesehatan fisik dan juga batin kita. Membuang energi negatif yang ada di hati dan pikiran yang bisa menjadi sumber penyakit, ujarnya.

“Jadi sebelum melakukan latihan kita wajib berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing, minta perlindungan karena apa yang kita lakukan ini semua seizin Allah agar segala penyakit apapun yang ada dalam tubuh kita hilang,” sebut Sulistianto.

Ia juga menyampaikan jika latihan awal ini sebatas pemanasan agar tubuh rileks dan tidak merasa kaget. “Kita pemanasan tehnik pernafasan dulu, nanti berikutnya baru kita coba untuk tehnik beladiri atau yang lainnya. Jangan terlalu di porsir tenaga kita, intinya semua dimulai dari pernafasan. Sebab, tidak hanya meningkatkan kemampuan fisik, tehnik pernafasan Merpati Putih juga meningkatkan tenaga internal, energi sadar dan masih banyak lagi,” ungkap H. Sulis sapaan akrabnya.

“Inti dari olah nafas Merpati Putih adalah memperbaiki sel-sel dalam tubuh. Ketika olah nafas dilatih untuk mengosongkan oksigen dengan membuang nafas, kemudian ditahan tanpa oksigen tiga jari dibawah pusar. Dengan dilatih tanpa oksigen, sel-sel tubuh akan aktif untuk bergerak. Olah nafas ini juga disamping untuk meningkatkan imun tubuh juga mempercepat penyembuhan bagi pasien yang terpapar covid-19,” jelas H. Sulis menambahkan.

Terpisah, Ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagiyo, S.Ip mengucapkan rasa terimakasihnya atas waktu dan kebaikan dari pak H. Sulistianto yang telah memberikan pelatihan khusus pernafasan.

“Senam kebugaran atau tehnik pernafasan Merpati Putih ini sangat bermanfaat untuk kita semua, apalagi ketika dilapangan yang sehari-hari kita bertemu dengan orang banyak, pastinya kita butuh senam seperti ini agar kita semua dalam keadaan sehat selalu agar terhindar dari penularan penyakit ganas yaitu Covid-19,” kata H. Subagiyo.

Ketika disinggung terkait kelanjutan senam kebugaran ini, H. Subagiyo menyebutkan terus berlanjut. “Saya dan pak H. Sulistianto sepakat bila perlu latihan senam kebugaran dan tehnik pernafasan ini kita lalukan sekali seminggu,” pungkasnya.

Alfin, salah satu anggota PWI Kabupaten Bogor mengaku segar dan fit setelah mengikuti senam kebugaran dan tehnik pernafasan yang diajarkan oleh para instruktur Merpati Putih.

“Mungkin karena jarang bergerak akibat segala kesibukan, tapi setelah mengikuti senam kebugaran khususnya tehnik pernafasan ini, badan jadi enakan dan badan fit kembali,” ujar Alfin. (Sto/pwi)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *