Sejumlah Komoditas Bahan Pokok Alami Kenaikan Harga Jelang Nataru

PARUNG — Harga jual beberapa kebutuhan pokok masyarakat, diantaranya daging, telur, cabai dan lainnya, mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Lonjakan harga pada sejumlah komoditas tersebut, disinyalir terjadi karena menjelang datangnya perayaan hari Natal dan tahun baru.

Dari laporan pihak unit pasar Parung PD Pasar Tohaga, dalam rentan waktu beberapa hari terakhir, terpantau harga – harga sejumlah barang kebutuhan pokok mulai ada peningkatan. “Beberapa hari terakhir ini, sejumlah komoditas barang memang mengalami kenaikan harga. Diantaranya daging ayam, cabe, telur dan lainnya,” ungkap Andang Iskandar, Kepala Unit Pasar Parung PD Pasar Tohaga, Senin (21/12/2020).

Ia mengatakan, dari data harian perkembangan harga yang ada di unit pasar, kenaikan harga – harga tersebut bersifat variatif dan fluktuatif. Sementara ketersediaan pasokan barang, sejauh ini semua komoditas kebutuhan pokok relatif aman. “Jadi kenaikan harga bukan dipicu kelangkaan barang, tapi lebih disebabkan karena kondisi situasi jelang hari – hari besar. Ini memang biasa terjadi.” Ucap Andang.

Hampir serupa, kenaikan harga sejumlah barang kebutuhan pokok juga terjadi di pasar Ciseeng. Menurut Malih, staf tata usaha unit pasar Ciseeng, kenaikan harga mulai terjadi pada minggu kedua dan ketiga bulan Desember 2020 ini. “Tapi tidak seluruh komoditas barang harga nya naik, hanya beberapa jenis saja.” ucapnya.

Data yang di dapat media, beberapa jenis komoditas kebutuham pokok yang mengalami kenaikan harga diantaranya, harga sayuran buncis, dari Rp.10.000 naik menjadi Rp.15 ribu perkilogram. Lalu harga cabe merah keriting naik dari Rp.60 ribu menjadi Rp.65 ribu, dan cabe rawit hijau, semula harganya 30 ribu rupiah perkilo, naik menjadi 36 ribu rupiah. Daging ayam ras mengalami kenaikan harga dari semula Rp. 35 ribu menjadi 40 ribu rupiah per kilogram. Sedangkan harga telur ayam ras, hanya naik sedikit dari Rp. 28.000 menjadi 29 ribu rupiah per kilogram. (Sto/Fah)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *