Jalan Rabat Beton RW 04 Desa Resmitingal Oleh TPKD, Dibangun Sesuai Prosedur

KAB. BANDUNG -tugasbangsanews.com

Report Pelaksanaan Sosial Kontrol Tim Media Liputan (Tugasbangsa.MPN.Indisi) pada pembangunan desa, kali ini kami dalam investigasi pelaksanaan Jalan Rabat Beton Desa Resmitingal Kec. Kertasari Kab. Bandung, yang dilaksanakan di lokasi RW 04, pada hari Selasa/Rabu 17-18/11/2020.

Dari plang yang terpampang diseputar lokasi, terbaca jelas oleh umum, bahwa Jenis kegiatan : Pembangunan Rabat Beton Jalan Desa, Volume : 0,2 X 3 X 87 M = 52M3, Lokasi : RW 04, Anggaran : Rp. 75.250.000, Sumber Dana : Bantuan Gubernur T.A 2020 untuk Desa Resmitingal.

Dalam catatan hasil konfirmasi Tim Liputan ke pihak desa, baik Kades, Sekdes dan wawancara ke Tokmas, diperoleh keterangan bahwa, pembangunan jalan Rabat Beton dilakukan oleh Tim Pelaksanaan Kegiatan Desa (TPKD) Resmitingal.

Menurut penuturan
Sekdes, MUKTI ROSADI AZKA dan TPKD/ LPMD, DIAN MULYADI saat dikonfirmasi, didapat penjelasan bahwa, pelaksanaan pengerjaan jalan Rabat Beton di RW 04 Desa Resmi Tingal, dimulai dari tanggal 13 hingga 17 November 2020 (proses 5 hari kerja).

Penjelasan lainnya, sebelum pengerjaan Jalan Rabat Beton Desa dilaksanakan, maka diadakan dulu Musyawarah Warga di Masjid RW 04, dimana hadir BPD, LPMD, Tokmas, Tokoh Agama, Pemuda dan masyarakat, dan dihadiri 20 orang, selanjutnya dibuatkan Berita Acara.

Sementara Kepala Desa, OMA ROHMA dalam wawancara khusus, terkait hal maksud adanya Musyawarah Warga inipun menjelaskan.

“Musyawarah mupakat itu dilaksanakan, dimaksudkan agar pengerjaannya sesuai prosedur, dan di sepakati oleh warga bersama sama dengan TPKD, LPMD, Tokmas dan tokoh lainnya” jelas dia pada kami.

Dilain hal, pihak TPKD/LPMD dan Sekdes, saat dimintai konfirmasinya, tentang data pengadaan barang, dimana Tim Liputan meminta klarifikasi sebagai wujud transfaransi publik.

“Untuk pengadaan barang, kami laksanakan berdasarkan kesepakatan bersama, yang tertuang dalam kesepakatan musyawarah sebelumnya” ucap mereka memberikan keterangan yang sama.

“Sementara mengenai barang, itu dikirim oleh Toko bangunan RAMA PUTRA, bukan oleh team politik pendukung kades, dan pengerjaannya pun, bukan oleh pihak ke tiga, melainkan oleh warga Resmitingal itu sendiri” imbuh mereka pada kami.

Sementara OMA ROHMA (Kades), memberikan penjelasan dan alasan di akhir sebagai tanggapannya.

“Semua itu bertujuan untuk, memberdayakan warga masyarakat kami, sesuai dengan ketetapan aturan pemerintah, juga atas pembinaan dan pendampingan dari Monev Kecamatan Kertasari, disamping mengikuti protokol kesehatan dalam Covid 19” pungkasnya.

Dari Investigasi dan hasil liputan langsung pemantauan kelapangan ini, terkumpulkan bukti, baik photo dokumentasi, berkas spek, Berita Acara, plang maupun bukti photo photo hasil pembangunan Jalan Rabat Beton Desa.

Tim Liputan Media dalam draf laporannya, siap mempublikasikan melalui berita online dan cetak, serta menilai bahwa proses Pelaksanaan Pembangunan Jalan Rabat Beton Desa Resmitingal, menurut pantauan langsung telah mengikuti prosedur dengan baik.

Reporter : (Yudika & Tim Lipsus Biro Kab. Bandung)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *