Agus Dinar : Ciri Wartawan Profesional?

BOGOR — Wakil Ketua Bidang Advokasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Agus Dinar menyebutkan ciri wartawan profesional adalah yang dalam menjalankan tugasnya selalu berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) serta UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Hal tersebut disampaikan Dinar pada saat memberikan materi dalam acara sosialisasi Pra UKW yang diselenggarakan oleh PWI Kabupaten Bogor, di M-One Hotel jl. Raya Bogor, Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, Rabu (18/11).

Baca juga :PWI Kabupaten Bogor : Melalui Pra UKW Mencetak Jurnalis Profesional dan Kompeten

 

Keterangan: Agus Dinar (Wakil Ketua Bidang Advokasi PWI Jabar) saat memberikan sambutan di acara pra UKW PWI di M-One Hotel, Rabu (18/11).

Lebih lanjut Agus Dinar menjelaskan banyak hal dan tahapan untuk menjadi seorang wartawan yang profesional. selain harus menjalankan Kode Etik profesi juga dalam penulisan berita, wartawan profesional harus menulis berita yang berlandaskan kaidah-kaidah jurnalistik.

“wartawan profesional harus bisa memisahkan antara opini pribadi (wartawan-red) dan fakta dalam penulisan berita,” tuturnya

Secara umum tugas wartawan itu salah satunya adalah melaporkan fakta dan opini orang lain melalui tulisan (berita) dengan tidak memasukkan opini pribadi. Dan yang dimaksud dengan berita adalah laporan wartawan, peristiwa atau perkataan berdasarkan keterangan, dan pernyataan narasumber

” Informasi itu bukan berita. Informasi baru akan jadi berita jika sudah melalui tahapan proses konfirmasi dari sumber-sumber yang berkompeten terhadap informasi tersebut. Tanpa adanya keterangan narasumber informasi tersebut jika dimuat menjadi sebuah tulisan, hal itu bukanlah menjadi berita atau karya jurnalistik,” kata Dinar.

Terakhir Dinar juga menyampaikan apresiasi dan pesannya atas terselenggaranya giat pra UKW oleh PWI babupaten bogor. Menurutnya acara ini sangat baik untuk mencetak jurnalis yang profesional dan kompeten.

“Teruslah menulis dan berkarya selagi masih bernafas, karena dengan itu kamu (wartawan-red) akan dihargai,” pungkas Dinar. (Sto)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *