Rehab Ruang Kelas Baru (RKB) SDN Bojong 03 diduga Dikerjakan Asal

KEMANG — Kegiatan Pembangunan ruang kelas baru (RKB) lantai dua di SDN Bojong 03 terpantau awak media suara Gegana di Desa Bojong kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. Rabu 11/11/2020.

Pasalnya pada saat di sambangi lokasi tersebut, pekerjaan menggunakan material semen Rajawali, dari mulai pekerjaan hingga 50% dan tidak adanya pengawas, ataupun konsultan, Hanaya ada pekerja bangunan, serta tanpa mengunakan alat pelindung diri (APD) keselamatan, sehingga diduga asal asalan.

Mandor tukang Endang, pada saat di konfirmasi soal tidak adanya konsultan pengawas dan pelaksana dengan santai menjelaskan, “Aduh saya tidak tau apa apa, saya hanya tukang sama dengan yang lain hanya kerja, kalau pelaksana sedang tidak di lokasi, begitu juga konsultan pengawas juga sedang tidak di tempat kerja,”ujarnya.

Saat di tanya soal material semen kenapa menggunakan semen Rajawali, dan siapa yang bertanggung jawab, kembali beliau menjabarkan, “saya bilang saya hanya pekerja kalau soal material itu tanggung jawabnya pak Nana selaku pelaksana lapangan, memang dari mulai pembanguan Samapi 50% kita menggunakan semen Rajawali, soal RAB dan yang lainnya saya tidak paham,” tegasnya.

Padahal jelas jika di lihat dari papan pengumuman harunya untuk konsultan pengawas itu dari CV. PRISMA CONSULT yang beralamat di Laladon baru Ciomas Bogor berada di lokasi untuk pengawasan namun faktanya terbalik, pada saat di konfirmasi melalui pesan WhatsApp Akim, menjelaskan, “Maaf bang kalau dari awal mah setau saya pake Holcim, mungkin itu baru bang, bentar saya koordinasi sama pelaksananya.” Imbuhnya.

Pembangunan proyek tersebut di menangkan oleh PT. ARTHA LEO PUTRA, dengan harga Borongan Rp 680.703.500,” (Enam Ratus Delapan Puluh Juta Tujuh Ratus Tiga ribu Lima Ratus Rupiah) yang beralamat di Rukan Grand Galaxy City Blok RSND NO23 Kelurahan Jakasetia Kecamatan Bekasi Selatan Provinsi Jawa Barat.

Sampai berita ini di tayangkan Kabid SD Nurjanah pada saat di konfirmasi melalui pesan WhatsApp sama sekali tidak merespon.

 

Report. Iwn/sto/Tim

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *