Sambut HUT ke-9th, DPD Partai Nasdem Kabupaten Bogor Gelar Operasi Katarak Gratis

KEMANG – DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Bogor bekerja sama dengan RS Sentosa Bogor, mengadakan bakti sosial operasi katarak gratis untuk membantu masyarakat mencegah gangguan penglihatan sehingga dapat beraktivitas secara normal.

“Giat operasi katarak secara gratis ini, merupakan salah satu kegiatan dalam rangka menyambut HUT Partai Nasdem yang ke 9, tanggal 11 November 2020 mendatang,” ungkap dr. Frits, SpOG (K) MARS, Ketua DPD Partai Nasdem Kab. Bogor saat membuka giat tersebut di RS Sentosa Bogor, Rabu (04/11/2020).

Ket.foto : DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Bogor bekerja sama dengan RS Sentosa Bogor, mengadakan bakti sosial operasi katarak gratis untuk membantu masyarakat mencegah gangguan penglihatan sehingga dapat beraktivitas secara normal.

Tampak ikut hadir dalam acara pembukaan tersebut Direktur RS Sentosa, Drg. Margareta Kurnia, MKM dan beberapa pengurus Partai Nasdem Kabupaten Bogor. Frits mengatakan, DPD Partai Nasdem Kabupaten Bogor berkomitmen untuk terus membantu masyarakat yang memiliki gangguan kesehatan agar dapat melakukan kegiatan produktif. “Kami mencermati bahwa faktor penyebab utama kebutaan di Indonesia salah satunya karena katarak. Kami ingin terus berkontribusi bagi masyarakat terutama mereka yang memiliki gangguan penglihatan akibat indikasi katarak,” tegas Frits.

Lebih lanjut Frits mengungkapkan, saat ini jumlah penderita katarak di Indonesia sekitar 2,4 juta orang dan terus bertambah satu persen setiap tahunnya. Dari data terakhir, lanjutnya, penderita katarak rata-rata didominasi oleh faktor usia, namun ternyata banyak juga ditemukan pada usia produktif. Sementara dampak kebutaan yang disebabkan oleh katarak mencapai sekitar 60%. “Setiap tahunnya, jumlah operasi katarak yang dijalankan mencapai 80 ribu jiwa. Sementara jumlah tenaga medis ahli mata (Ophthalmologist) di Indonesia baru mencapai 2.325 dokter,” ungkapnya.

Dr. Frits juga mengaku bersyukur, karena di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, DPD Partai Nasdem telah berpartisipasi dalam banyak kegiatan dan upaya membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. “DPD Partai Nasdem telah melakukan giat pemeriksaan kesehatan gratis, rapid test juga pembagian masker gratis bagi masyarakat di beberapa lokasi padat penduduk. Kami juga telah memberikan edukasi kesehatan melalui virtual atau zoom meeting.” Pungkasnya. (Rie/sto)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *