Anggaran Fantastis Pada Proyek Rehabilitasi SDN Ciriung 02 Patut Dipertanyakan

CIBINONG — Anggaran proyek rehabilitasi bangunan sekolah SDN Ciriung 02 pada satuan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor senilai Rp. 1,165.500.000,- (Satu milyar seratus enam puluh lima juta lima ratus ribu rupiah) patut dipertanyakan.

Pasalnya berdasarkan pantauan tim media ini di lokasi, item pengerjaannya tidak jelas dikarenakan belum ada Rencana Anggaran Biaya (RAB) nya pada proyek tersebut.

Bagaimana bisa proyek yang sudah direncanakan dan ditenderkan tersebut belum jelas item pekerjaannya bahkan belum ada RAB nya, ucap salah satu warga yang minta identitasnya dirahasiakan.

“Aneh dan mencurigakan, kok bisa ya pekerjaan dengan nilai pagu anggaran yang begitu besar tapi ga jelas item pekerjaannya?,” ujarnya.

Lanjutnya,” terus darimana munculnya anggaran 1,165 milyar itu? Dinas harus bisa menjelaskan hal tersebut,” ungkapnya.

Berdasarkan keterangan Kepala Sekolah SDN Ciriung 02, Bambang, dirinya mengaku pada saat pengajuan melalui musrenbang di tingkat kelurahan dan kecamatan hanya mengusulkan untuk rehab lantai keramik dan atap bangunan bertingkat tersebut yang bocor, hingga banyak bagian plapon nya yang sudah mulai rusak.

“Kami pihak sekolah mengajukan rehab bangunan tersebut di musrenbang kelurahan dan kecamatan, untuk atap yang bocor, plapon dan lantai keramik. Lalu konsultan datang untuk melakukan pemeriksaan.

Pihak sekolah tidak tahu menahu terkait munculnya anggaran 1 milyar lebih itu,” tutur Bambang.

Saat ditanyakan apakah pihak pelaksana sudah menyerahkan RAB dan Gambar untuk pekerjaan rehab tersebut, Bambang mengaku belum ada.

“Informasinya RAB nya masih direvisi ulang, jadi sementara pekerjaan rehab bangunan ini kami menambahkan usulan baru, seperti pemindahan tangga, perbaikan toilet, pengecoran /dak pada teras bangunan,” jelas Bambang. (Sto/tim)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *