Tim Puslitbang Polri Melaksanakan Supervisi dan Penelitian Pada Jajaran Polda Lampung

LAMPUNG — Tim Puslitbang Polri melaksanakan penelitian dilingkungan Polri di Polda Lampung Polres jajaran tentang, ”Evaluasi dan Standardrisasi Sistem Pengadaan Distribusi dan Peruntukan Senjata Api Pistol dilingkungan Polri”, yang dilaksanakan di Aula Pamor Persada Polres Pesawaran, Senin (12/10/20).

Kedatangan Tim Puslitbang Polri dipimpin oleh Brigjen Pol Drs. Guntur Setyanto, M.Si., beserta rombongan dan disambut langsung oleh Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, S,Ik, M.H didampingi Wakapolres Pesawaran Kompol Yohanis, S.H, M.H beserta para PJU Polres Pesawaran dan peserta kegiatan dihadiri oleh personil Polres Pesawaran dari Fungsi Satreskrim, Sat intelkam, Sat sabhara, Sat lantas dan Logistik Polres Pesawaran.

Dalam sambutannya kapuslitbang Polri menyampaikan terimakasih atas penerimaan dan sambutan yang hangat dari jajaran Polda Lampung khususnya di Polres Pesawaran dalam rangka melaksanakan kegiatan 2 Supervisi dan Penelitian dengan harapan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat memberi manfaat bagi kita semua.

Hadirin sekalian yang saya hormati sebagaimana amanah dari perkap nomor 5/2019 tentang sotk Mabes Polri bahwa Puslitbang Polri merupakan unsur pendukung dibidang Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan ditingkat Mabes Polri. Salah satu fungsinya adalah melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan terhadap mutu dari materiil dilingkungan Polri. Untuk itu, kegiatan penelitian saat ini merupakan bentuk implementasi dari amanah tersebut untuk mengetahui mutu dari senjata api laras pendek jenis pistol yang digunakan anggota Polri saat ini.

Penelitian ini tergelar pada dua belas (12) Polda sebagai random sampling yaitu Lampung, Banten, Kaltara, Sultra, Bali, 3 Jateng, Sumsel, Malut, Sumbar, dan Papua. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif melalui sebaran kuisioner secara On-line melalui Handphone dan wawancara mendalam. Responden yang di sasar adalah para personel yang membawa senjata api laras pendek jenis pistol pada fungsi Reserse, Intel, Lantas, dan Brimob.

Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan permasalahan yang dihadapi terkait mutu dan faktor keamanan personel pemegang senjata api. Selain itu, akan dirumuskan rekomendasi dalam rangka menentukan standardisasi yang tepat terhadap peruntukan senjata api laras pendek jenis pistol bagi anggota pada masing-masing fungsi dilingkungan Polri.

Para hadirin sekalian yang berbahagia. Penelitian di Polda Lampung Polres Jajaran dilaksanakan tanggal 12 sd 15 Oktober 2020, dengan responden terdiri dari personel Polda, 4 Polresta Bandar Lampung, dan beberapa Polres yang telah ditentukan oleh Kapolda Lampung. Untuk itu, pada saat penelitian terdapat dua (2) tim dari Puslitbang Polri yaitu Tim supervisi dan Tim peneliti. Tim supervisi diketuai oleh saya sendiri sedangkan Tim peneliti diketuai oleh AKBP Dr. Endro Sulaksono, S.Kom. M.Si., dan didampingi lima (5) anggota tim. Saya berharap, didalam penelitian ini para responden dapat memberikan data secara faktual sehingga data tersebut dapat diolah menjadi informasi untuk merumuskan rekomendasi dalam mengatasi permasalahan.

Mengakhiri sambutan saya ini, marilah kita semua memohon kepada tuhan yang maha esa, agar kita senantiasa mendapatkan perlindungan, petunjuk dan bimbingan dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat, Sekian dan terimakasih.  ( Rifka )

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *