Dugaan Pengerjaan Tidak Sesuai RAB, Lurah Karadenan Angkat Bicara

CIBINONG — Terkait pemberitaan adanya dugaan pekerjaan pembangunan jalan lingkungan yang tidak sesuai RAB di wilayahnya, Lurah Karadenan angkat bicara.

Saat dikonfirmasi melalui kontak WhatsApp nya pada Sabtu,(03/10) kemarin Lurah Hj.Eti Sunaryati, S Si, membantah semua isi berita tersebut.

Melalui pesan elektronik (WhatsApp) nya, Eti dengan tegas membantah semua isi pemberitaan yang telah tayang di media ini sebelumnya.

Baca juga : Diduga Realisasi Dakel di Kelurahan Karadenan Tidak Sesuai RAB

Dirinya mengaku bahwa selalu memonitor kegiatan pembangunan infrastruktur tersebut. Dan dalam rapat sebelum pelaksanaan dirinya juga sudah menegaskan kepada LPM, Kasi Ekbang dan para ketua RT dan RW agar pembangunan itu harus sesuai dengan aturan dan anggaran yang turun.

” Kenapa kamu berani main beritain itu tanpa konfirmasi dengan saya, karena semua isi berita itu TIDAK BENAR,” bunyi pesan lurah yang diterima awak media ini, Minggu (04/10).

Mengenai tidak adanya plang kegiatan dimasing-masing titik, dirinya pun mengaku memaklumi hal itu.

“Mengenai spanduk pencairan termin 1, secara keseluruhan baik itu di Poskamkel ataupun dimasing-masing titik itu sudah dibuatkan atas perintah saya. Yang dititik pembangunan mungkin belum terpasang karena cuaca hujan, saya maklumi itu,” tuturnya

Baca juga : Diduga Beberapa Item RAB Pembangunan Infrastruktur Kelurahan Karadenan “Mark-up”

Terpisah Syafarudin (Udin) Ketua Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah & Keadilan (LP-KPK) Komcab Kabupaten Bogor saat dimintai tanggapannya terkait hal tersebut, kepada media ini dengan tegas menyatakan.

“Mau apapun alasan pelaksana terhadap pekerjaan di lapangan yang kata lain menindakkan dugaan penyelewengan di lapangan.!!! Ketika di singkronkan dengan RAB yang ada tidak sesuai, adalah mutlak kesalahan besar..!!!,” singkatnya.

Udin menambahkan, sebagai Lembaga kontrol sosial kami LP-KPK berharap kiranya pemerintah kecamatan hingga kelurahan dan aparat lainnya, agar berbuatlah yang terbaik untuk rakyat. Karena masyarakat sekarang sudah lebih maju, setidaknya SDM nya sudah bisa memisahkan mana pelayanan pemerintah yang benar dan salah, imbuhnya.

Sebelumya media ini menulis terkait pengerjaan pembangunan infrastruktur di Kp. Kaum Pandak wilayah RT 01 RW 01 Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor yang diduga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB), dan diduga mark-up pada kegiatan tersebut.

Berikut kutipan pesan elektronik (WhatsApp) Lurah Karadenan (sudah di lakukan proses editing) yang di terima wartawan media ini, Minggu (04/10/2020).

“Itu tidak benar,karena saya monitor terus,dan sebelum pelaksanaan saya adakan dulu rapat antara saya , ketua LPM , Kasi ekbang , para ketua Rt Rw yang mendapatkan pembangunan infrastruktur jalan , disitu saya tegaskan bahwa pembangunan infrastuktur harus sesuai dengan aturan dan anggaran yang turun, utamakan kualitas jalan, jangan ada kebocoran anggaran, kalo sampai terjadi saya sebagai KPA kelurahan Karadenan, tidak akan bertanggung jawab, ingat itu.

Kenapa kamu berani main beritain itu tanpa konfirmasi dg sy , krn smua isi berita itu td benar, sy slalu monitor dan transparan.

Transparan artinya bahwa DAKel inprastruktur sudah dibuatkan spanduknya pencairan termin 1, baik itu secara keseluruhan yang dipasang di depan poskamkel atau pun di masing-masing titik itu sudah dibuatkan semua atas perintah saya, mungkin belum terpasang karena situasi cuaca hujan jadi belum terpasang. Yang dititik pembangunan, saya maklumi itu.”(Sto/red)

Keterangan : Photo hasil screenshot Klarifikasi Lurah Karadenan H.Eti Sunaryati,S.Si melalui pesan WhatsApp (photo/dokTb)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *