Tim Gabungan TNI/Polri, dan BPBD Urai Material Longsor di Jalinbar

TANGGAMUS — Tanah longsor menutupi badan jalan lintas Barat (Jalinbar) di Pekon Batukeramat, Kecamatan Kota agung Timur, dan membuat kendaraan tidak bisa melintas sekitar pukul 10.30 WIB, Jumat (11/9/2020).

Tim Personel gabungan TNI/Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dishub dan Kecamatan dikerahkan untuk mengurai material longsor serta kendaraan.

Kepala Pelaksana BPBD Ediyan M. Thoha melalui Kasi Kedaruratan Budi mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 10.30 WIB.

Menanggapi laporan dari Pj. Kepala Pekon Batu keramat, pihaknya langsung menuju ke lapangan serta mengerahkan satu unit kendaraan alat berat untuk mengurai material longsor.

“Tidak membutuhkan waktu lama untuk mengurai material longsor berupa tanah. Alhamdulillah sekira 30 menit badan jalan sudah mulai bisa dilintasi kembali. Nantinya median jalan ini tetap kita bersihkan dari sisa longsor menggunakan damkar,” kata Budi.

Sementara, Kapolsek Kotaagung AKP Muji Harjono menyampaikan, personel gabungan dikerahkan untuk mengurai kemacetan maupun membantu membuka median jalan yang tertutup material longsor.

Jalan yang tertutup mencapai sekitar 15 meter. “Alat berat sudah dikerahkan. Sekitar pukul 12.00 WIB tadi, kendaraan sudah bisa terurai,” kata Muji didampingi Danramil Kotaagung Kapten Inf. Redi Kurniawan.

Untuk mengantisipasi kemacetan pasca longsor, kendaraan diarahkan sementara ke kantong kantong parki. Salah satunya di jalan perkantoran Pemkab Tanggamus dan parkiran wisata terjun Way Lalaan.

Sementara, berdasar pantauan, kendaraan sudah bisa melintasi jalan tersebut sekitar pukul 12.15 WIB. Sebelumnya telah terjadi antrean panjang, baik dari arah Kotaagung maupun Gisting. ( ** )

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *