Jelang Musda ke X MUI Kabupaten Bogor, FSOI Ajukan 5 Kandidat Ketua Umum

BOGOR — Jelang Musda ke X Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor yang akan diselenggarakan, Rabu (02/09/2020), Ormas Islam yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Ormas Islam (FSOI) siap mengajukan 5 Kandidat Calon Ketua Umum.

Hal itu disampaikan ketua FSOI Kabupaten Bogor Samsi Akbar Aflah kepada tugasbangsanews.com di kantornya, Selasa (01/09/2020).

” Betul rencananya dalam Musda besok kami dari FSOI akan mengajukan 5 Kandidat calon Ketua MUI yang kami anggap memenuhi syarat dan kriteria serta memiliki kapasitas,” sebut Samsi.

Adapun ke 5 calon kandidat tersebut adalah orang-orang terbaik yang berasal dari Ormas Islam dan juga dari internal MUI Kabupaten Bogor, Ucap dia.

Berita terkait : Musda X MUI Kabupaten Bogor, Jangan Ada Politisasi

Dalam Musda besok kami dari FSOI berharap kegiatan tersebut bisa berlangsung sesuai dengan aturan-aturan yang ada, tanpa adanya intervensi ataupun politisasi dari para petinggi MUI.

” Harapan kami agar Musda besok bisa berlangsung sesuai dengan PRT dan aturan yang ada, sehingga apapun hasilnya nanti, itulah yang terbaik bagi MUI,” ungkap Samsi.

Samsi menambahkan bahwa sesuai dengan PRT Organisasi dan keputusan MUI nomor 702 /MUI/XII/2015 tentang Pedoman Pemilihan Pengurus MUI. Dimana disebutkan dengan jelas bahwa jabatan ketua umum itu hanya diperbolehkan menjabat selama dua periode. Meskipun juga disebutkan ada pengecualian boleh menjabat hingga tiga periode, dengan catatan jika dibutuhkan. Itupun harus dikomunikasikan/dikonsultasikan kepada MUI Pusat atau MUI setingkat diatasnya.

Baca juga : Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Tidak Benar Ada “Saweran” di PMP PDAM Tirta Kahuripan

Artinya seseorang boleh menjabat sebagai ketua lebih dari dua priode dengan syarat jika dibutuhkan atau karena tidak ada calon lain dan atau calon lain tidak memenuhi syarat-syarat kriteria untuk menjadi ketua MUI, ujarnya.

” Jadi kami berpandangan bahwa pasal tersebut, harus bisa menjadi rujukan pada Musda nanti. Mengingat ketua MUI yang sekarang ini menjabat sudah untuk ketiga kalinya. Maka kamipun berinisiatif mengajukan calon kandidat baru untuk menduduki jabatan ketua,” bebernya.

” Intinya kami tetap mendukung terselenggaranya Musda ke X MUI Kabupaten Bogor, hanya sekali lagi kami berharap agar Musda tersebut bisa berjalan natural sesuai aturan yang ada. Jangan sampai ada kesan dipolitisasi apalagi ada intervensi,” tukas Samsi.

Untuk diketahui berikut nama-nama calon ketua MUI yang akan diajukan oleh FSOI :

1. KH. Khoerul Anwar
Ketua MUI Leuwiliang
Alumni PKU I
2. KH. Bukhori Muslim
Alumni terbaik PKU V
Sekum BKsPPI Kab. Bogor
3. KH. Suhendra
Anggota Wanhat MUI Kab. Bogor
Mantan Kepala Kakemenag Kab. Bogor
4. KH. Nur Ali
Ketua MUI Gunung Putri
5. KH. Sanusi Azhari
Ketua Dewan Penasehat MUI Kab. Bogor.

Reporter : Santo

5 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *