Rifki Asofani Resmi Menjadi Ketua Poldar Kamtibmas Kabupaten Pesawaran

PESAWARAN — Pelantikan dan pengukuhan Kelompok sadar (Pokdar) Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Kabupaten Pesawaran dilakukan Kapolres AKBP Vero Aria Radmantyo di Aula Mapolres Kabupaten pesawaran, Kamis (27/8/2020).

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona, ST. Dir Binmas Polda Lampung Kombes Pol Anang Triharsono, Ketua Pokdar Provinsi Lampung H. Firman Rusli, Ketua PN Gedong Tataan Rio Destrado dan Danramil Gedong Tataan Kapten Sugeng Pamuji serta tamu undangan.

Pada pelantikan tersebut, sebagai Penasehat adalah Bupati Pesawaran H.Dendi Ramadhona, Ketua Pembina Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, Ketua Pokdar Kamtibmas kabupaten pesawaran Rifki Asofani, SH.MH lalu sebagai Sekretaris Hermilsyah dan Bendahara Evi Susina, SH.
Pada sambutan Ketua Pokdar Kamtibmas Provinsi Lampung H. Firman Rusli mengatakan bahwa organisasi tersebut terstruktur dari Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota, Kecamatan dan desa,
“Pokdar Kamtibmas ada untuk membantu tugas Polri dalam menjaga kamtibmas ditengah masyarakat. Juga sebagai media menyelesaikan permasalahan di masyarakat,” kata Firman rusli.

Anggota Pokdar Kamtibmas merupakan orang pilihan, karena mereka tidak ada gaji dan pangkat namun harus menjalankan tugas ditengah masyarakat dengan ikhlas.

“ Pokdar Kamtibmas harus bersinergi dengan kepolisian dan pemerintah daerah guna meminimalisir persoalan sosial dan menyelesaikan permasalahan dengan kearifan lokal, Kita bekerja dengan memiliki nilai ibadah,” ungkapnya.

Dilanjutkan Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, diharapkan Pokdar Kamtibmas dapat melibatkan diri untuk mewujudkan kamtibmas di Kabupaten pesawaran,

“Pokdar Kamtibmas diharapkan dapat bekerja sama dengan baik dengan Polres Pesawaran dalam menyelesaikan problem solving. Kemudian, harus dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kamtibmas, ” Ujar kapolres.

Ditengah pandemi covid-19, Pokdar Kamtibmas juga diharapkan mampu mengakselerasi penyelesaian penanganan sosial ditengah masyarakat.

“Sekarang sudah masuk tahapan pemilukada, untuk itu Pokdar Kamtibmas harus dapat membantu menyejukkan kondisi politik dan kamtibmas, Tidak boleh memihak, namun harus proaktif, ” jelas Vero.

Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona, mengucapkan selamat kepada pengurus Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pesawaran yang baru dilantik.

“Selamat dan sukses, semoga dengan tugas berat yang diembannya mampu menjadi harapan masyarakat, ” Ucap Bupati.

Pokdar Kamtibmas dapat membantu persoalan terkait penanganan covid-19 seperti lakukan himbauan dan menangani evakuasi penanganan orang yang terkonfirmasi positif covid-19.

“Sebagai pembina politik, kami berharap Pokdar Kamtibmas dapat membantu menciptakan kesejukan pada pemilukada yang sebentar lagi dilaksanakan, Jangan sampai ada kerusuhan atau apapun yang menimbulkan perpecahan ditengah masyarakat meski berbeda pilihan. Semoga pesta demokrasi pemilukada berjalan dengan damai dan aman” tegas Dendi.

Melengkapinya, Dir Binmas Polda Lampung Kombes Pol Anang Triharsono mengatakan bahwa jumlah Polri yang ada belum cukup dan maksimal dalam menjalankan tugas melayani masyarakat.

“Pokdar Kamtibmas diharapkan mampu membantu meringankan tugas kepolisian dalam menyelesaikan problem solving ditengah masyarakat. Untuk Kabupaten Pesawaran sepertinya lebih banyak dan berkualitas para pengurusnya, ” Ucap Dir Binmas polda lampung.

“Pokdar Kamtibmas diharapkan akan membuat warna guna melengkapi Kabupaten Pesawaran, soal pemilukada, kami minta jangan sampai ada perselisihan,” Pungkasnya. (Rifka).

4 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *