Peringati 1 Muharram, Katar Rancabungur Bersama 7 Pemdes Gelar Santunan Anak Yatim

RANCABUNGUR — Momentum tahun baru Islam pada 1 Muhharam 1442 Hijriyah yang bertepatan tanggal 20 Agustus 2020, dimanfaatkan oleh berbagai elemen masyarakat untuk memperbanyak sedekah terutama terhadap anak – anak yatim. Hal ini pun dilakukan pengurus Karang Taruna Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor.

Tak kurang 867 anak yatim yang tersebar di tujuh wilayah desa di kecamatan tersebut mendapatkan santunan, yang disalurkan dengan sistem jemput bola atau diantarkan secara langsung ke setiap desa.

Ketua Panitia kegiatan yang juga Kepala Desa (Kades) Rancabungur, Sumantri mengaku bersyukur atas terselenggaranya kegiatan tersebut.
“Kendati ditengah pandemi Covid 19 ini, kami bersyukur masih bisa berbagi dengan anak – anak yatim. Terlebih mereka belum tersentuh bantuan dari manapun,” ujar pria yang juga menjabat Ketua APDESI Kecamatan Rancabungur ini, Kamis (20/8/2020).

Dia menjelaskan, kegiatan santunan tersebut juga didukung penuh oleh Muspika dan Karang Taruna Kecamatan Rancabungur serta sejumlah donatur. Acara santunan yatim tersebut, lanjutnya, telah dipersiapkan dengan serius sejak beberapa bulan sebelumnya. “Persiapan dilakukan bersama panitia kegiatan dan alhamdulillah membuahkan hasil maksimal. Acara ini di inisiaisi oleh Karang Taruna Kecamatan Rancabungur, dan sudah masuk tahun ke 2,” jelasnya.

Sumantri menambahkan, adi pagi penyerahan secara simbolis kepada beberapa anak yatim di GOR Golden. Sedangkan bantuan lainnya, diserahkan atau diantarkan langsung ke setiap desa dan kembali di salurkan ke setiap yatim dengan pengecekan secara virtual. “Insya Allah, acara ini dapat kembali laksanakan secara rutin setiap tahun. Sabab, para yatim menjadi tanggung jawab bersama.” Imbuh Sumantri.

Ketua Karang Taruna Rancabungur, RA. Mubarok menjelaskan, dalam acara penyerahan secara simbolis santunan yatim di GOR Golden tersebut, setiap orang anak yatim, mendapatkan bantuan sembako, alat tulis dan uang. Selain acara santunan, diadakan pula kegiatan pembacaan puisi dan siraman rohani. Kegiatan dihadiri Muspika, Toga, Timas, dan sejumlah organisasi masyarakat serta tamu undangan lainya. “Semoga santunan yang diberikan bisa membantu anak- anak yatim. Mudah – mudahan tahun depan ada kemajuan dan bertambah donatur untuk membantu anak yatim.’ pungkasnya. (Rie)

5 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *