Bupati Pesawaran Resmikan Agro Wisata Hortipark Sekaligus Panen Perdana Buah Golden Melon

PESAWARAN — H. Dendi Romadhona.K.ST. Bupati Pesawaran di dampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi beserta jajaran Forkopimda serta para petani melon dan semangka yang ada di pesawaran, melakukan Panen perdana melon dan semangka sekaligus melakukan peresmian Agro Wisata  Hortipark yang terletak di desa Negeri Sakti Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyampaikan ucapan selamat datang dan ucapan terimakasih atas kehadiran Gubernur beserta Forkopimda di Kabupaten Pesawaran dalam rangka Panen perdana melon dan semangka di Bumi Andan Jejama, dalam sambutannya. Selasa (18/8/2020).

Munculnya ide berawal dari arahan Gubernur untuk kembali memaksimalkan lahan tidur dan komoditi saat pandemi covid 19 Dijelaskan oleh Bupati Dendi bahwa,

“lahan yang digunakan untuk pengembangan Hortipark ini sebelumnya merupakan lahan tidur yang selama ini tidak dimanfaatkan, ide muncul saat terjadi  Pandemi Covid-19 setelah mendapat arahan Gubernur untuk kembali memaksimalkan lahan tidur dan komoditi yang dikembangkan adalah jenis Golden Melon dan  Semangka Golden”.

Dendi berharap agar komoditi ini menjadi komoditi yang dapat terus menerus sehingga tidak hanya menjadi trend sesaat.

Barokah Kresna sebagai penyedia bibit mendampingi petani mengembangkan Agrowisata  khususnya  komoditi melon dan semangka yang dikembangkan di Hortipark.

Dalam kesempatan tersebut secara simbolis Gubernur  Arinal Djunaidi menyerahkan sejumlah bantuan berupa  3 buah alat pertanian kepada kelompok Tani yang ada di Kabupaten Pesawaran dan
Sebanyak 3.698 paket Sembako  kepada petani di Kabupaten Pesawaran yang terdampak covid-19.

Arinal memberikan motivasi kepada seluruh elemen agar bekerja bersama, sehingga apa yang menjadi tujuan pembangunan dibidang perkebunan dan pertanian serta pariwisata di Kabupaten Pesawaran dapat terus berkelanjutan.

Selain itu Gubernur juga memberikan  Apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Pesawaran yang telah memunculkan ide sehingga mampu menjadi kenyataan saat ini dengan akan diresmikannya Hortipark.
Arinal mengharapkan agar pengembangan pertanian dan perkebunan  dimulai dulu dari pemanfaatan lahan yang ada.

Menurut Arinal peluang – peluang yang dapat dimanfaatkan agar dikelola dengan baik sehingga dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan perkebunan sehingga memberikan dampak untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu menyinggung pembangunan pariwisata di Kabupaten Pesawaran, Arinal  berpesan agar menumbuhkan minat dan kepedulian masyarakat untuk turut berperan aktif dalam mengenalkan  produk – produk dari Kabupaten Pesawaran di setiap destinasi wisata., pengembangan ide – ide baru  untuk lebih mengenalkan produk – produk daerah kepada masyarakat agar dapat dikenal lebih luas lagi sangat diperlukan, pesannya.

“Potensi pariwisata saya akan bantu dan dukung sepenuhnya sehingga wilayah pantai  dari Mutun, Kiluan hingga Tanggamus sepanjang pesisir Kabupaten Pesawaran dapat lebih berkembang dimasa yang akan datang”, ungkap Arinal.

Gubernur Arinal juga mengharapkan agar sektor pariwisata tetap mengedepankan kesehatan dengan selalu menerapkan dengan ketat protokol kesehatan.

Ia juga mengungkapkan bahwa Lampung adalah salah satu sentra produksi hortiikultura seperti  buah – buahan, pisang Lampung sudah mendunia, begitu juga dengan Nanas.
Lebih lanjut Gubernur mengharapkan Bupati memiliki kreativitas dalam pengembangan pertanian dan perkebunan yang telah menjadi komoditas unggulan daerah.

Menurut Arinal Soal pasar untuk memasarkan produk daerah diluar Bandar Lampung, Jakarta sudah siap menampung dan saat ini Lampung merupakan salah satu Provinsi pemasok utama kebutuhan ke DKI Jakarta.
Untuk mengembangkan hortikultura yang ada di Provinsi Lampung dalam menghadapi  persaingan perdagangan, kita harus mempunyai inovasi dan kreativitas, paparnya.

Saya mengapresiasi langkah – langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran dengan ide kreatif dari Bupati yang membuat terobosan dibidang pengembangan Wisata yang digabungkan dengan perkebunan dan pertanian yang saat ini kita saksikan bersama yaitu Hortipark, ungkapnya. ( Oby / Rif ).

4 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *