Tindaklanjuti Dugaan Kasus Korupsi Kades Karangharja, KPK Jabar Korwil Cianjur Sambangi Polres Cianjur

KABUPATEN CIANJUR — Kemaren, tepatnya hari Kamis tanggal 13/8/2020, Komite Pencegahan¬† Korupsi Korwil Cianjur Selatan bersama Komite Pencegahan Korupsi (KPK) Jabar Setda Kabupaten Cianjur didampingi Sekjen, mendatangi Polres Cianjur untuk menindak lanjuti laporan perkara kasus dugaan TIPIKOR yang dilakukan oleh salah satu oknum Kepala Desa di Cianjur Selatan.

Melihat adanya kasus tersebut. Tim Media berusaha mencari tahu, dan berhasil memperoleh keterangan dan kronologis pelimpahan kasus, langsung dari KPK Jabar Korwil Cianjur Selatan, Jaelani SH, Ketua Setda Cianjur, Kuswandi juga Sekjen KPK Jabar Yulisman SH.

Kasus ini awalnya dilaporkan ke Polda Jabar oleh Ketua Umum KPK JABAR Piar Pratama SH, namun untuk pertimbangan Locus Delicti-nya berada di wilayah Kab. Cianjur sehingga untuk mempermudah penyelidikan dan kepastian hukum, akhirnya kasus ini dilimpahkan ke Polres Cianjur.

Penanganan Kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan Mal Administrasi pelimpahan dari Polda Jabar ke Polres Cianjur, terduga dalam hal ini terlapor Kades Karangharja Kec. Pagelaran Kab. Cianjur, yang dilaporkan KPK Jabar Korwil Cianjur Selatan dan Ketua Setda Kab. Cianjur, hingga kini belum ada titik temu penyelesaian kasusnya.

Adapun sebagai dasar dalam penelusuran, pengawalan dan mempertanyakan kejelasan tindak lanjut kasus tersebut, berupa Surat Pemberitahuan Penanganan Laporan dari DIR RESKRIMSUS Polda Jabar yang ditandatangani Kombes Pol Yaved Duma Parembang, SIK, MSI, yang ditujukan dan diterima Ketua KPK Jabar, Piar Pratama SH, tertanggal 03/07/2020.

Sementara Jajaran KPK Jabar Korwil Cianjur Selatan yang dipimpin Jaelani SH dan rekan, ketika Klarifikasi & Konfirmasi kepada Kanit 2 Reskrim Polres Cianjur (Dadang) di sore hari, diperolehnya keterangan akan perkara tersebut.

Menurut keterangan Kanit, “Semua pengaduan dan pelanggaran terkait hal kasus “Mal Administrasi” itu tugas kewenangan pihak DPMD, ada pun kasus yang masuk ke ranah pidana harus disertai saksi dan bukti yang lengkap” papar Kanit pada Ketua Setda.

Menindaklanjuti akan hasil keterangan dari Kanit Reskrim tersebut, maka pihak Jaelani SH dkk, berjanji akan mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga syarat hukum resmi untuk tindak lanjut kasus berjalan sesuai harapan semua pihak.

Adapun harapan kuat dari Jajaran KPK Jabar Korwil Cianjur Selatan juga Setda Cianjur berikut Sekjen KPK Jabar mengenai kasus ini, yang layak untuk ditayangkan Tim Media kepada publik.

” Kita berharap Cianjur selatan yang bakal menjadi kabupaten baru, bisa menjadi daerah bebas korupsi” harapan diungkapkan Jaelani SH.

“Semoga dengan adanya tindak lanjut mulai dari pelaporan, penyidikan hingga terjadinya persidangan kasus Tipikor di Pengadilan Kab. Cianjur ini, berjalan sesuai prosedur hukum yang berlaku” ungkap Kuswandi menyampaikan harapannya.

“Mudah-mudahan kedepannya, Cianjur terbebas dari praktek-praktek Korupsi, minimal berkurang, serta dengan exisnya KPK Jabar Korwil Cianjur dan Setda Kab. Cianjur, menjadi Ruh Pencegahan bagi oknum sesiapapun untuk berpikir dua kali melakukan Tipikor” harap Sekjen Yulisman SH, yang di iyakan semua. (Yudika/Kurniawan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *