Target Program PTSL ATR/BPN Kabupaten Sumedang Per-Agustus Masih Proses Pemberkasan

SUMEDANG — Program Kantor Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sumedang terkait Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) kian gencar dimana seluruh bidang tanah diharapkan sudah terdaftar dan terpetakan.

Program PTSL ini adalah program Bapak Presiden RI Joko Widodo menargetkan agar seluruh tanah nasyarakat di Indonesia terdaftar dan terpetakan oleh kantor pertanahan agar masyarakat mudah dan dapat memiliki hak tanah diberikan sertifikat secara gratis dan atusias masyarakat sangat apresiasi dengan program ini.

Dan Kantor Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sumedang adalah salah satu ujung tombak pemerintah agraria yang berkantor di Jawa Barat adalah mendapat target untuk menyelesaikan kegiatan terkait dengan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ).

Untuk itu, di Tahun 2020 ini menurut Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Sumedang Agus Sumiarsa melalui Kasubag Tata Usaha/Kepegawaian Hasan saat ditemui Tugas Bangsa di Kantornya di Sumedang mengatakan sedang proses menyelesaikan tugas tugas terkait dengan program PTSL. Katanya.

Walaupun dengan berbagai kendala ditengah Covid -19 Pandemi saat bekerja selalu mengutamakan protokol kesehatan dalam menyelesaikan target masing masing yaitu program PTSL khususnya di Sumedang, secara teknis Kantor ATR/BPN sudah membentuk tim sebanyak 5 Tim yaitu ada tim 1 dan tim 2 hingga tim 5. Ungkap Hasan.

Adapun target Kantor ATR/ BPN Kabupaten Sumedang tahun ini per 31 Agustus 2020 ini adalah menyelesaikan pemberkasan, dimana tim kita berupaya berkordinasi dengan kantor Desa mengevaluasi persyaratan surat surat yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang akan memerlukan serifikat tanah.

Pemberkasan yang dimaksud menurut Hasan dimana pihak Desa bekerjasama dengan Kantor pertanahan Sumedang, dimana Desa sendiri mengevaluasi dan membuatkan surat keterangan tanah yang di miliki oleh masyarakat itu sendiri misal nya masyarakat harus melengkapi surat batas tanah atau patok dan surat yang terkait dengan tanah dan selama pemberkasan tersebut pihak Desa tidak memungut biaya dari masyarakat selain biaya yang sudah disepakati pemerintah sebanyak Rp. 150.000,- karena program PTSL ini gratis dari pemerintah. Kata Hasan.

Tahun 2020 ini Kantor ATR/BPN Kabupaten Sumedang mendapat target bidang tanah dari Kantor Pusat sebanyak 40.000.885 dan dari keseluruhan target bidang tanah tidak semua target bisa tersetifikatkan walaupun tahun ini target sertifikat K 1 sebanyak 25 ribu sertifikat yang kita selesaikan namun sebagian bidang tanah tidak semua bisa menjadi sertifikat.

Lebih lanjut Hasan menjelaskan, tidak semua bidang tanah itu bisa disertifikatkan karena ada proses yang dilakukan melalui K1 , K2, K3, K4 dan sebagian lagi bisa saja ada kendala karena tidak semua pemilik tanah bisa hadir dan ikut program PTSL ini tetapi semua tanah diharapkan terukur dan terpetakan namun tanah yang dimiliki masyarakat tersebut telah terukur luas bidang tanah yang disebut K 4. Katanya.

Dari jumlah target yang dicapai oleh Kantor ATR/BPN saat ini per Agustus ini menurut Hasan sudah mencapai 62 persen dari seluruh jumlah target dan sebagian lagi sedang mengerjakan pemberkasan di kantor Desa karena salah satu target Kantor ATR/BPN ini adalah mempersiapkan Desa lengkap dan saat ini sudah ada 5 ( lima ) Desa yang dinyatakan sebagai Desa lengkap di Kabupaten Sumedang mudah mudahan per 31 Agustus ini pemberkasan bisa beres. Kata Hasan.

Kita berharap mudah mudahan di tahun ini program PTSL di Kabupaten Sumedang semua tim yang sedang menyelesaikan program PTSL ini selalu giat betkomitmen dan berupaya untuk menyelesaikan target yang sudah ditentukan bisa tercapai dan pelayanan kita kepada masyarakat dapat memberikan kepuasan, karena program ini adalah program bapak Presiden. Ungkap Hasan. (Damanik – Ajep)

4 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *