Bidang GTK Disdik Kabupaten Bogor Gelar BimTek Kepramukaan Untuk Jenjang SMP

MEGAMENDUNG — Bertempat di Hotel Pesona Anggraini, Jalan Raya Puncak, Kecamatan Megamendung, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan pembinaan teknis kepramukaan jenjang SMP.
Kepala Seksi GTK SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Didin Syarifudin menjelaskan, kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi para pembina pramuka di sekolah.
“Mulai dari pemahaman kebijakan perlembagaan kurikulum, penguatan pendidikan karakter, prinsip dasar kepramukaan, pengalokasian kompetensi, materi pembelajaran dan pembaharuan SKU, SKK hingga modul blok aktualisasi hingga relugulasi,” jelasnya.
Selanjutnya Didin, kegiatan dilaksankaan dalam dua gelas yaitu, gelombang pertama dilakukan pada Tanggal 04-06 Agustus, dan dilanjut pada 10-12 Agustus.
“Untuk peserta sebanyak 47 orang, dan di gelombang II sebanyak 48 orang. Dimana kapasitas hotel sebanyak 100 orang yang mana sesuai dengan protokol kesehatan, ”ungkapnya.
Kepala Bidang Pembinaan GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Ucu Sunarya menuturkan, untuk memaksimalkan materi pihaknya memfasilitasi tiga narasumber penggerak pramuka.
“Kami melibatkan tiga narasumber yaitu, Solihat, S.Pd, MM, Saepullah, S.Pd, MM, dan Edi Mulyadi, S.Pd, MM,” paparnya.
Uci menambahkan, dengan adanya kegiatan ini pihaknya perlu pengembangan dan penerapan pramuka di sekolah jenjang SMP semakin meningkat.
“Pramuka merupakan salah satu kegiatan wajib di sekolah untuk pengembangan softskill peserta didik. Namun, dengan adanya pelatihan ini, kami berharap terciptanya penggerak sekaligus pembina pramuka yang berkompetensi tinggi, ”harapnya. (Sto/Prolapdisdik)

5 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *