Launching Kampung Tangguh Nusantara Andan Jejama

PESAWARAN — Kapolres Kabupaten Pesawaran AKBP. Vero Aria Radmantyo, S.Ik, MH menghadiri Lounching Kampung Tangguh Nusantara Andan Jejama di Desa Wiyono Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran telah dilaksanakan Lounching Kampung Tangguh Nusantara Andan Jejama, Selasa (28/7/2020).

Didalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakapolda Lampung Brigjen Pol Drs. Sudarsono, S.H.,M.Hum, Dir Binmas Polda Lampung Kombes Pol Anang Triarsono, S.Ik.,M.Si, Bupati Pesawaran H. Dendi ramadhona, ST yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Pesawaran Ir. Kusuma Dewangsa, M.M, Pabung Kabupaten Pesawaran Dandim 0421 Lamsel Mayor Inf. Suprapto, Kajari Pesawaran, Ketua Pengadilan Kabupaten Pesawaran, PJU Polres Pesawaran, Seluruh Kepala OPD Pemkab Pesawaran, Kapolsek Gedong Tataan, Danramil Gedong Tataan, Ketua Pokdar Kamtibmas Pesawaran, Kades Wiyono M. Toha, Ketua MUI Kabupaten Pesawaran, Ketua FKUB Pesawaran, para pengurus kelompok tani wanita Desa Wiyono, dan tokoh masyarakat, Agama, pemuda Desa Wiyono Kecamatan Gedong Kabupaten Pesawaran.

Dalam sambutan Bupati Pesawaran yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Pesawaran Ir. Kusuma Dewangsa, M.M. mengatakan,
“permohonan ma’af Bapak Bupati Pesawaran dikarenakan tidak bisa menghadiri kegiatan, ijinkan saya membacakan sambutan Bupati Pesawaran.
Pertama-tama marilah bersama-sama kita mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat dan karunia-Nya, kita dapat menghadiri acara Peresmian Desa Tangguh Andan Jejama Desa Wiyono Kabupaten Pesawaran Tahun 2020, dalam keadaan sehat walafiat. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, suri teladan sebaik-baiknya, rahmatan lil ’alamin.” Kata Bupati.

Sebagaimana telah kita ketahui, bahwa salah satu program dari POLRI adalah Kampung Tangguh Nusantara untuk menciptakan lingkungan kampung yang mampu bertahan dari situasi dan pandemi covid-19 yang telah menjadi wabah bagi hampir seluruh masyarakat dunia. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran dengan sigap melakukan upaya antisipasi hingga penanganan virus Covid-19 yang saat ini telah memasuki era New Normal, dimana masyarakat dituntut harus mampu dan tetap semangat dengan era hidup yang baru.

Sejalan dengan kegiatan pada hari ini, Desa Tangguh Andan Jejama ini merupakan suatu program Kerjasama antara Polres Kabupaten Pesawaran dengan Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam bentuk gerakan atau aksi nyata di daerah dalam mencegah penyebaran COVID-19 yang berdampak luas terhadap pertumbuhan ekonomi, kehidupan sosial dan budaya masyarakat khususnya di Desa Wiyono Kecamatan Gedong Tataan. Dalam konsep kegiatannya, Desa Tangguh Andan Jejama menitikberatkan pada peran dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat, baik personal ataupun kelompok. Peran dan partisipasi aktif masyarakat tersebut sangat berpengaruh dalam kemampuan pengamanan desa, Kesehatan, Sosial Ekonomi dan Ketahanan pangan dengan tujuan dapat memutus penyebaran mata rantai Covid-19, serta kemampuan membangkitkan kesadaran dan kebersamaan serta stabilitas perekonomian masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Pesawaran berharap, Desa Tangguh Andan Jejama ini bisa menjadi desa tangguh dari segala aspek. Ketangguhan tersebut dapat dinilai dari kebersamaan dalam penanganan, pencegahan dan penyebaran Covid-19 serta ketahanan pangannya.

Selanjutnya, Desa Tangguh Andan Jejama ini harus dilaksanakan secara maksimal dengan dengan memperhatikan standar protokol Kesehatan yang telah disepakati bersama dan Pemerintah Kabupaten Pesawaran siap memberikan dukungan serta support kepada semua pihak guna peningkatan kedepannya. Oleh karena itu, saya meminta kepada semua pihak khususnya instansi / OPD terkait untuk berkolaborasi dalam mengawal Desa Wiyono menjadi Desa Tangguh Andan Jejama. Saya sangat berharap dengan diresmikannya Desa Tangguh Andan Jejama ini dapat menjadikan masyarakat Desa Wiyono sebagai percontohan untuk desa lainnya di Kabupaten Pesawaran agar selalu menjaga Kamtibmas, menjaga kebersihan, Kesehatan dimasa New Normal dalam pandemi Covid-19.

“Pada kesempatan yang baik ini, perkenankan saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada POLRI khususnya Polres Kabupaten Pesawaran yang telah menunjuk Desa Wiyono sebagai Desa Tangguh Andan Jejama Kabupaten Pesawaran. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Desa Wiyono yang telah berpartisipasi aktif dalam program pemerintah khususnya dalam mewujudkan Desa Tangguh Andan Jejama. Saya juga berharap kepada Pemerintah Desa dan masyarakat agar selalu membangun sinergitas demi menciptakan suasana yang konsudif dan aman. Pada kesempatan ini saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menyikapi pandemi Covid-19 dengan optimis, karena banyak hikmah yang bisa dipetik dari Pandemi Covid-19 antara lain kita bisa menjadi lebih menjaga kesehatan, sederhana dan disiplin. Jangan sampai ini menjadi momok untuk kita lemah. Kita harus optimis untuk kemajuan kegiatan-kegiatan pemerintahan maupun kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat utamanya kegiatan ekonomi. Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Semoga apa yang kita bangun bersama ini, dapat mewujudkan Kabupaten Pesawaran terbebas dari wabah pendemi Covid-19 sehingga masyarkat aman, damai dan sejahtera ” Ujarnya.

Disampaikan Wakapolda Lampung Brigjen Pol Drs.Sudarsono, S.H.,M.Hum dalam sambutannya mengatakan,
“Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita, Sebagai insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT marilah tidak henti-hentinya kita memanjatkan puji dan syukur atas limpahan rahmat dan karunianya sehingga kita dapat mengikuti kegiatan “launching kampung tangguh nusantara andan jejama desa wiyono kecamatan gedong tataan kabupaten pesawaran” dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada kesempatan ini saya mewakili pimpinan polda lampung menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggitingginya atas terselenggaranya kegiatan ini.”Ucap Wakapolda.

“Saat ini hampir seluruh wilayah di indonesia mengalami musibah pandemi covid-19, dimana dengan adanya wabah tersebut telah menimbulkan permasalahan yang berdampak sosial dan ekonomi seperti; penurunan daya beli masyarakat, dirumahkannya para pekerja/buruh pabrik, dampak psikologis terhadap individu sebagai akibat karantina mandiri, stigma negatif terhadap individu dan keluarga yang positif covid-19. upaya polri khususnya polda lampung dalam rangka penguatan ekonomi kerakyatan dengan melakukan kolaborasi dengan stake holder melalui pengembangan kultur kewirausahaan dan penggalangan partisipasi masyarakat / pelaku usaha dalam mengelola potensi sumber daya alam untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Polri bersama stake holder harus mampu berkolaborasi mengambil peran penting dalam percepatan penanganan covid-19 dengan merubah paradigma dan orientasi ke arah upaya-upaya pemolisian yang menitikberatkan pada kemitraan, transformasi kelompok, penyelesaian masalah serta mobilisasi komunitas yang keseluruhannya terintegrasi dalam strategi problem oriented policing (pop) atau pemolisian yang berorientasi pada pemecahan masalah di tengah-tengah masyarakat. kampung tangguh nusantara sebagai suatu solusi bentuk nyata penerapan strategi problem oriented policing (pop) merupakan hasil nyata dari perubahan paradigma dan orientasi ke arah upayaupaya pemolisian bernuansa pencegahan  dan penyelesaian masalah yang diharapkan. Tidak hanya menjadi cara dalam mengendalikan permasalahan sosial yang terjadi khususnya di wilayah yang terdampak, akan tetapi diharapkan mampu melindungi kualitas hidup masyarakat hadirin yang saya hormati, mengakhiri sambutan ini saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten pesawaran, forkopimda dan stake holder serta seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung terlaksanya kegiatan ini. semoga hal ini menjadi bhakti dan dharma kita kepada bangsa dan negara serta ladang amal kebaikan yang dicatat sebagai ibadah kepada allah swt. demikian sambutan saya, semoga allah swt selalu melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-nya kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,”Paparnya.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan Gong oleh Wakapolda Lampung beserta Forkopimda Kabupaten Pesawaran tanda dibukanya Lounching Kampung Tangguh Nusantara Andan Jejama. ( Rifka )

5 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *