Ditengah Pandemi Covid-19, DPMPTSP/BP2T Tangsel, Tetap Berikan Pelayanan Terbaik

TANGSEL — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) selalu memberi kerja riil dalam mempermudah service pada orang-orang. Seperti service perizinan lewat Dinas Dinas Penanaman Modal serta Service Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang mengaktualisasilan perizinan dengan system on-line yaitu product inovasi System Info Manajemen Perizinan On-line (SIMPONIE), di mana semua type perizinan serta non perizinan dikelola dengan full online yang maksudnya adalah mempermudah masyarakat mengurusi perizinan di Kota Tangsel.

Perlu untuk diketahui, cepat, gampang, transparan, tentu, serta terjangkau adalah prasyarat dari system service umum yang diinginkan orang-orang dalam mengurusi dokumen perizinan atau pun non perizinan yang dibutuhkan untuk kepentingan usaha serta yang lain.

Diluar itu, system perijinan ini mengacu pada Ketentuan peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres RI) Nomor 97 Th. 2014 mengenai Penyelenggaraan Service Terpadu Satu Pintu, dijelaskan kalau dalam rencana mendekatkan serta tingkatkan service pada orang-orang dan memperpendek sistem service manfaat wujudkan service yang cepat, gampang, murah, transparan, streaming tvri tentu, serta terjangkau jadi butuh dikerjakan satu system service yang dimaksud system service terpadu satu pintu. Keabsahannya dimata hukum sesuai sama Undang-Undang Nomor 19 Th. 2016 mengenai Info serta Transaksi Elektronik.

SIMPONIE adalah satu aplikasi berbasiskan website yang dipakai untuk menolong orang-orang serta pemerintah daerah dalam memberi keringanan akses pada service perizinan yag diawali dari sistem pendaftaran, verifikasi, akseptasi, sampai penandatanganan bisa dikerjakan dengan on-line. Simponie bisa dibuka lewat mobile gadget dengan semuanya type system operasi (Os) pada piranti itu, bisa dibuka dengan gampang serta cepat dan memberi jaminan keamanan pada akses system serta product yang dibuat.

Simponie mempunyai sebagian feature yang mendukung dalam service perizinan dengan on-line dan feature pengarsipan dengan digital diantaranya penomoran product izin dengan automatis, pendaftaran dengan on-line, memakai cara FIFO, verifikasi, mutasi berkas, paraf serta tandatangan dengan on-line, monitoring/pelajari dengan on-line serta service chat on-line dengan petugas di jam kerja. Diluar itu, Simponie juga mempunyai feature SMS Gateway yang bisa memberi kepastian saat pada orang-orang serta product perizinan yang telah dibarengi QR Code serta berbasiskan sertifikasi digital yang bisa memberi jaminan keaslian product.

Saat ditemui Awak media Sekretaris dinas(SEKDIS)DPMTSP Kota Tangerang Selatan, Hendra,SH,Msi ,diruang kerjanya baru baru ini mengatakan dalam situasi sekarang dimasa Pandemi covid-19 ini kami tetap selalu mengutamakan pelayan yang terbaik kepada masyarakat terkait tentang Perijinan

Dari 137 type izin itu ada 4 type perizinan bagian Penanaman Modal yang memakai aplikasi nasional yakni SPIPISE yang masih tetap sesaat dikoordinasikan dengan BKPM untuk selekasnya diintegrasikan dengan SIMPONIE ini.

“Seratus tiga puluh tujuh (137) type perizinan serta non perizinan itu semua bisa dikerjakan dengan elektronik on-line, yang memakai system elektronik bernama System Info Manajemen Perizinan On-line disingkat SIMPONIE, ”

Diluar itu, kalau sesuai sama Permendagri nomor 100 Th. 2016 mengenai Nomenklatur PTSP Provinsi/Kabupaten/kota mengatakan kalau DPMPTSP bisa membuat tim tehnis sesuai sama keperluan yang beranggotakan tenaga tehnis DPMPTSP serta Dinas Tehnis. Hal semacam ini lalu dilakukan tindakan dengan dikeluarkannya Kepwal Nomor 503/KEP. 315-HUK/2017 mengenai Pembentukan Tim Tehnis PTSP yang mengatakan kalau kewenangan Dinas Tehnis keluarkan referensi berpindah seutuhnya jadi kewenangan Tim Tehnis. Ada 95 type perizinan serta non perizinan yang memakai Tim Tehnis dengan perincian 79 type perizinan serta 16 type non perizinan.

“Hal ini berimplikasi pada banyak DPMPTSP yang membuat studi tiru ke Tangsel untuk mereplikasi SIMPONIE, bukan sekedar dari DPMPTSP se-Banten namun juga dari luar Banten. Pastinya hal semacam ini di satu bagian jadi satu prestasi serta kebanggaan untuk Pemkot Tangsel yang pantas kami syukuri tetapi di bagian beda jadi satu tantangan sekalian motivasi bagaimana DPMPTSP Tangsel kedepan bisa dengan berkelanjutan serta berkepanjangan melakukan perizinan on-line ini dengan baik serta meningkatkan inovasi SIMPONIE ini hingga bisa selalu memberi faedah yang besar untuk orang-orang Tangsel pada umumnya , ” ujarnya

Sebagian faedah untuk orang-orang lewat pemakaian SIMPONIE ini, diantaranya, penghematan saat, orang-orang tidak mesti bolak balik sekali lagi mengurusi kelengkapan berkas perizinan, serta paperless yang bermakna pemakaian kertas yang nihil oleh pemohon, hal semacam ini searah dengan program go green Pemkot Tangsel.

“Masyarakat bisa ketahui berapakah lama saat yang diperlukan untuk mengurusi izinnya serta telah tiba di mana bagian pemrosesannya lewat feature tracking pada website, SMS Gateway, semuanya dihidangkan dengan transparan pada website serta tentunya akuntabel bisa dipertanggungjawabkan, ini sebagai kelebihan SIMPONIE, ” himbuhnya

Kalau dengan terdapatnya inovasi aplikasi system manajemen perizinan ini berimplikasi pada perubahan peranan service pada lobby service yang sampai kini dipakai jadi loket pendaftaran saat ini beralih peranan cuma untuk loket pemberi service info perizinan serta service pengaduan saja.

ISO 27001 adalah satu standard internasional untuk System Manajemen Keamanan Info (SMKI). Begitu, legalitas paraf serta tandatangan dengan on-line yang diaplikasikan pada SIMPONIE sudah dinyatakan sah dengan streaming inews tv ketentuan. System ini diperlengkapi sertifikat digital, atau di kenal dengan sebutan Certification Authority (CA). Dengan system serta rencana ini, sistem penyelesaian perizinan bisa secara cepat dikerjakan, karna dimana saja serta kapanpun beberapa petinggi yang berwenang bisa lakukan paraf serta tandatangan pada dokumen perizinan yang dimohonkan orang-orang.

Ditambah, DPMPTSP Tangsel juga telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau hubungan kerja dengan PT Pos Indonesia (Persero) dalam pendistribusian SK Perizinan pada pemohon. Dengan hal tersebut, pemohon bisa seutuhnya rasakan keringanan service perizinan tanpa ada butuh datang ke kantor DPMPTSP. Tutupnya. (Hendrik/team)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *