Kabupaten Bogor Persiapkan PSBB Proporsional Secara Parsial

BOGOR — Bertempat di Ruang Rapat Bupati Komplek Pemda Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong, Bupati Bogor memimpin langsung Rapat Persiapan PSBB Proporsional Secara Parsial di Wilayah Kabupaten Bogor yang dihadiri sekitar 40 orang diantaranya :
1. Wakil Bupati Bogor (H. Iwan Setiawan SE.)
2. Danlanud ATS diwakili oleh (Kasikamhanlan Letkol Pas Hadi Santoso )
3. Dandim 0621/ Kab. Bogor (Letkol Inf. Sukur Hermanto.)
4. Kapolres Bogor (AKBP Roland Ronaldi, SH, S.IK, M.Pict, M.Iss.)
5. Sekretaris Daerah Kab. Bogor (Drs. Burhanudin, M.si.)
6. Kajari Kab. Bogor (Bpk Munaji, SH, MH.)
7. Asisten Pemerintahan dan Kesra Kab. Bogor ( Bpk Renaldi Yushaf Fiansyah, S. Sos.)
8. Ketua MUI Kab. Bogor (DR KH. Ahmad Mukri Aji, MA.,)
9. Ka Bappeda Litbang (Dr. Ir. Hj. Sarifah Sovia, M.si.)
10. PLT Kepala Diskominfo Kab. Bogor, (Drs. Kardenal M.Si).
11. Ketua DMI Kab. Bogor (H. TB. Irawan)
12. Perwakilan BNPB (Bpk Alex)
13. Plt. KaSatPol PP (Bpk Dace Supriadi, SH, M.Si.)
14. Kadisdik Kab. Bogor ( Bpk Entis sutisna )
15. Asisten administrasi (Bpk Yous Sudrajat )
Dalam rapat tersebut Bupati menyampaikan hasil kajian di bulan mei pada tanggal 28 mei 2020, terdapat 23 desa di kabupaten bogor yang memiliki resiko tinggi penularan covid 19 dan menjadi pusat konsentrasi atau episenter penularan, 23 desa itu berada di kec. Gunung putri , cileungsi , cibinong , bojonggede , tajurhalang , dan kemang, Ucap Ade Yasin.
Hari ini adalah massa PSBB berakhir diharapkan masyarakat menginginkan new normal. Bupati bogor juga memerintahkan kepada seluruh pasar yang berada di kabupaten bogor agar dirapikan untuk pasar.
Untuk kabupaten bogor masuk Level 3 tetap diterapkan PSBB secara parsial. Ketentuan PSBB secara parsial sesuai PERGUB 46 Pasal 9 maka ketentuan sebagai berikut :
1. Pembatasan mobilitas penduduk dilakukan dalam provinsi dan antar provinsi
2. Altivitas sekolah melakukan pembelajaran secara online.
3. Untuk Kantor , industri , pasar , dan toko diberlalukan pengurangan jam operasional ,pembatasan jumlah karyawan (WFH 50% ) dan pembatasan jumlah pengujung (50%)
4. Deteksi dini (Tracking) dilakukan melalui pelacakan kontak dan tes.
5. Bagi masyarakat beresiko tinggi (lansia dan orang dengan penyakit komorbid) dianjurkan untuk melaksankan isolasi atau karantina.
f. Untuk masjid, mushola atau tempat ibadah bisa dilakukan untuk kegiatan sholat tidak boleh kumpul2 dan tetap melakukan protokol kesehatan.
g. Boleh masyarakat beraktifitas seperti biasa akan tetapi harus menerapkan protokol kesehatan;
h. Sebelum diperlakukan PSBB secara parsial agar dilaksanakan Sosialisasi terhadap masyarakat.
Kapolres Bogor menyampaikan bahwa status kondisi kabupaten bogor akan kita viralkan dengan pemasangan poster agar masyarakat mengetahui kondisi kabupaten bogor saat ini. Untuk pengamanan di tiap – tiap mall juga disarankan kepada penggelola untuk bertanggung jawab dan diberlakukan protokol kesehatan. Terkait dengan tempat ibadah agar di prioritaskan. sebut Kapolres.
Dace Supriadi selaku Plt Kasat pol PP juga menyampaikan, dengan berakhirnya PSBB hari dan menuju PSBB parsial agar dilakukan sanksi atau payung hukumnya.
Sementara itu Kadisdik Kabupaten Bogor Entis Sutisna menyampaikan yang intinya, apabila bulan Juli ini tidak segera dibuka proses belajar mengajar, ada beberapa wali murid yang tidak membayar SPP dikarenakan diliburkan, imbasnya guru-guru yang bekerja di sekolah swasta bisa di PHK massal, ucapnya.
“Apabila  dilaksanakan proses belajar mengajar, jam pelajaran akan dibatasi dan jumlah murid pun akan dilaksakan secara bergantian sehingga protokol kesehatan bisa dilaksanakan.
Murid – murid sekolah sekarang banyak yang tidak terarah, karena terlalu lama nya proses belajar di rumah,” tukas Kadisdik.
Giat Persiapan PSBB Proporsional Secara Parsial di Wilayah Kabupaten Bogor tersebut berlangsung aman dan tertib.  Pelaksanaan sosialisasi kepada masyarakat terkait PSBB secara parsial dimulai hari ini hingga mingggu 07 Juni 2020, dan pemberlakuan PSBB secara parsial itu sendiri akan aktif diperlakukan pada hari senin tanggal 8 Juni 2020. (red)

3 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *