Dampak Corona, Pengusaha Konveksi Putar Arah, Produksi Masker Murah

KABUPATEN BANDUNG — Keluh kesah mencekam aktifnya rasa takut dan kehati hatian masyarakat saat ini untuk bepergian keluar rumah, dimana penyerbaran epidemi virus COVID- 19 asal Wuhan Tiongkok (Virus CORONA), di kabupaten Bandung saja mulai menjadi bahan perbincangan masyarakat, bukan hanya sebatas di media elektronik dan sosial media saja ramainya, bahkan menjadi isu tranding tofik politik.

Takut tertular virus Corona, takut keluar rumah jauh jauh dan ketempat keramaian, yang justru Pemerintah himbau dengan istilah Lock Down (mengunci akses masuk dan keluar dari suatu daerah atau negara), juga bepergian seperlunya sebagai langkah usaha pencegahan meluasnya resiko tertular oleh virus Corona, selain masyarakat kini banyak tinggal dirumah, terkurangi kegiatan ekonomi keluar untuk belanja juga bekerja, kalaupun mau keluar rumah harus memakai MASKER.

Barang Masker ini menjadi rebutan ramai kebutuhan masyarakat saat ini dan entah kenapa sangat susah keberadaannya, kalaupun ada harganya mahal, selain masker cairan hand Sanitizer septic pembias virus dan bakteri menjadi incaran pembeli di pasaran saat ini.

Imbas hal ini dirasakan masyarakat begitupun pengusaha KONVEKSI, sebut saja Okky Joe dimana kegiatan usaha yang mendatangkan income keseharian jadi turun drastis, bahkan telah satu bulan penuh karyawan & para penjahit konveksinya diliburkan, kata lain sepi order dan harus putar otak untuk menciptakan beralih produksi.

Tak ada lagi orderan jahit baik jaket dan lainnya. “Orderan jahit sekarang sementara sepi” kata Okky Joe berkeluh kesah lewat telpon saat awak media TB menghubungi minta izin akan melakukan investigasi langsung mendatangi pabrik konveksi milik Okky Joe dikawasan Ahmad Yani Bandung.

Melihat sikon serba takut keluar rumah dan begitu mahal dan susahnya ketersedian masker dipasaran, Okky Joe terinspirasi sebagai pengusaha Konveksi pada sikon ini, berusaha memutar arah kebiasan usaha berproduksi konveksi dengan penuh perhitungan menyediakan modal semampunya, serta memanggil lagi para pegawai dan penjahitnya. Munculkan gagasan usaha arah produksi baru membuat masker berbahan kain.

Perlu diketahui, kali ini Okky Joe beranikan diri beralih produksi, membuat design masker dua katagori (umum & khusus). Produksi masker berbahan lotto & katun yang dilapisi furing serta ada design khusus untuk memasang tisu basah berstandar kesehatan dibagian dalam masker. Cukup aman, layak dan murah terjangkau daya beli masyarakat umum, cukup dijual murah Rp 5000 & 6000/ pcs saja dan Masker kain bisa dicuci ulang berkali kali pakai, cukup ganti tisu basah saja.

Saat kru awak media TB investigasi ke pabrik konveksi tempat Okky Joe yang berlokasi di BBT (Balai Besar Tekstil) jalan Ahmad Yani no 390 Cicadas Bandung, langsung diterima Okky Joe dan wawancara berlangsung diruang tamu, Selasa 24/03/2020, jam 10:30 WIB.

“Sudah hampir satu bulan penuh kegiatan prosesing Konveksi saya terhenti, sebab order membuat jahitan baju/jaket dan lainnya sepi pemesan. Dengan 20 karyawan operator mesin jahit yang tadinya ada 40 orang operator mesin, sekarang mulai lagi berjalan, tapi kali ini design jahitan masker kain, dan sudah satu minggu mulai beroperasi lagi,” kata Okky Joe dalam wawancara awal dengan awak media.

Ketika ditanya awak media, berapa kemampuan hasil produksi masker perhari yang sanggup diproduksi?

“Dengan karyawan operator jahit 20 orang dibantu 1 orang tukang pola potong dan 2 orang finishing & 1 orang facking, perhari kami bisa hasilkan 2000 pcs Masker, masing masing penjahit rata rata 100/pcs kemampuan hasilkan jahitannya,” jelas Okky Joe.

“Bagi yang membutuhkan masker, bila dirumah membeli eceranpun saya layani sebab berempati pada masyarakat, dan bagi reseller atau organisasi/lembaga yang membutuhkan masker atau pesan masker, minimal satu bungkus fack plastik berisi 2 kodi (40/pcs), misal harga yang lima ribu maka cukup dengan 200 ribu, warnapun bisa pilih ada berpariasi, ada hitam, biru, merah dan putih terserah pembeli,” lanjut Okky menerangkan.

Perlu diketahui, bahwasanya keberanian Okky Joe ini untuk beralih putar arah produksi membuat masker, selain berempati kepada khalayak pada sikon musibah epidemi virus Covid- 19 terkini, juga dalam rangka membantu Pemerintah, minimal beranikan berproduksi masker yang stoknya kurang dipasaran umum dan menjualnya langsung, sebagai tindakan pengusaha konveksi cerdas berwawasan peduli derita pada musibah virus berbahaya di masyarakat persaat ini.

Minimal yang dilakukan Okky Joe menyediakan dan memudahkan adakan masker dipasaran yang sangat dibutuhkan masyarakat saat ini, disamping secara ottomatis baginya mendatangkan keuntungan finansial. Mudah mudahan Okky Joe dan Okky Joe lainnya hadir ada selanjutnya, “LAWAN CORONA”, dengan ketersedian masker yang cukup banyak, mudah didapat, murah dan layak aman berstandar kesehatan. (Yudika/Kurniawan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *