Reses Ketua Komisi IV DPR RI Sudin SE, Serap Aspirasi Petani Terkait Hama Tikus

TANGGAMUS — Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pilihan (Dapil) 1 Lampung Sudin SE, menggelar pelaksanaan Reses dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat didampingi oleh Heri Agus Setiawan Ketua DPRD Tanggamus dan H Am Syafi’i Wakil Bupati Tanggamus. Di halaman Rumah Dinas DPRD Kabupaten Tanggamus. Senin 9 Maret 2020.

Seringkali kita mendengar adanya reses, reses ialah penjaringan aspirasi oleh DPR maupun DPRD di setiap daerah pemilihannya, hal ini di ungkap oleh Sudin SE, bahwa pelaksanaan tersebut ialah untuk menyerap berbagai macam keluhan yang di sampaikan oleh masyarakat, kali ini Sudin mengundang masyarakat khususnya petani, pekebun dan nelayan.
Sudin menjelaskan bahwa reses kali ini ada masalah dengan petani perihal Hama Tikus, dan segera untuk di selesaikan masalah tersebut.

“Reses hari ini, saya ingin mendengar aspirasi dari masyarakat baik petani, pekebun dan nelayan. Ternyata tadi ada masalah perihal hama tikus, tapi saya sudah berkordinasi dengan staf ahli saya bapak mesa dan juga bapak Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Tanaman Pangan Tanggamus, untuk membuat pemetaan. Apabila selesai, Tim dari Jakarta akan turun untuk membasmi dan mengantisipasi hama tikus di wilayah sekitarnya,”jelasnya.

Karna tikus itukan,lanjutnya,kalau sudah berkembang biak sangatlah cepat sekali. Tadi sudah di respon, Insyaallah minggu ini kalo kementerian bisa turun langsung turun ke lapangan.

Dirinya menambahkan untuk Kabupaten Tanggamus akan ada bantuan di setiap tahunnya, namun untuk tahun 2020, dirinya akan menyerahkan bantuan berupa barang yang di butuhkan oleh petani, pekebun maupun nelayan, seperti handtractor, benih, pompa air, pupuk dan juga kwt.

“Itu hampir semua program dari Kementerian, termasuk juga kalau ada kelompok yang ingin membuat kebun bibit rakyat bisa juga. Hampir semua program komisi IV datang ke wilayah Lampung karna komitmen saya sebagai Pimpinan maupun Anggota Komisi IV, mempunyai hak yang sama yaitu menjawab aspirasi dan menjalankannya,”pungkasnya.

Dalam hal ini, Wakil Bupati Tanggamus H Am Syafi’i menyambut baik kedatangan Ketua Komisi IV DPR dalam resesnya yang merespon aspirasi masyarakatnya.

“Trimakasih kepada Bapak Sudin SE yang sudah merespon dengan cepat apa yang di sampaikan oleh para peserta reses, dan kita tidak menunggu lama – lama karna beliau juga rutin datang ke Tanggamus, artinya apa yang kemudian beliau Full Up, beliau juga yang memonitor sejauh apa progresnya,”pungkas Wabup.

Sementara, Catur Agus Deswanto Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanggamus, menanggapi keluhan beberapa kelompok petani dan pekebun di Tanggamus, dan akan segera mengusulkan Proposal guna membantu adanya masalah tersebut.
“Kami sudah mencatat apa yang di keluhkan tadi, dan segera akan kami masukkan proposalnya karna itu sudah di tunggu. Dan mekanismenya tetap harus di ketahui oleh Koordinator BPP dan UPT, dan juga kelompok yang sudah teregister. Kalau kelompok belum teregister itu tidak bisa, dan hari kami akan bertemu dengan BPP dan UPT untuk berkordinasi agar segera di usulkan,”tegasnya. (Lita)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *