Merasa Ditipu dan dirugikan, Konsumen Akan Tuntut dan Laporkan Dealer Motor Ini

CIBINONG — Oknum Supervisor Dealer Sepeda Motor Honda yang beralamat di jln.Raya Jakarta-Bogor Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong -Bogor tipu calon konsumennya.
Kejadian tersebut bermula saat Eman warga Kelurahan Nanggewer RT 01/05 bermaksud hendak membeli motor idamannya merek Honda ADV 150 Cc keluaran terbaru di dealer tersebut pada hari Minggu, ( 24/02/2020). Eman yang hari itu datang ke dealer resmi Honda tersebut langsung dilayani salesnya, namun eman dianjurkan kembali lagi keesokan harinya (Senin) untuk ketemu langsung dengan supervisor untuk melakukan transaksi pembelian.
” Nah pada hari Seninnya saya datang lagi ke dealer dan disambut lagi sama sales-nya yang kemarin, oleh sales tersebut saya diarahkan lah dengan supervisor nya yang bernama Gesang Ngatiman. Disitu saya nego harga minta discount karena saya belinya kontan (cash) dan hasil negosiasi, dikasihlah saya potongan harga sebesar Rp 350.000,- dari harga awal sebesar Rp. 36.850.000,-.
Saat itu juga terjadilah transaksi pembayaran pakai uang tunai senilai Rp.36.500.000,- dan langsung dibuatkan kwitansinya. Tapi saat itu juga saya merasa heran kok Kwitansinya pakai kwitansi biasa (tidak wajar ).
Saat saya menanyakan kenapa kok Kwitansinya seperti itu, dijawab pak ngatiman, “nanti ya pak kwitansi aslinya menyusul, nanti dilampirkan saat pengiriman unit (motor)”, kata Eman menirukan ucapan Ngatiman.
” Singkat cerita saya selesai transaksi si supervisor tadi bilang kalo hari ini banyak pengiriman, jadi paling motor baru bisa dikirim hari rabu, karena saya melihat dia adalah seorang supervisor dikantor tersebut dan sayapun transaksinya di kantornya, ya saya percaya apapun yang dikatakannya,¬† kemudian saya pun pulang.
Hari rabunya pagi – pagi saya sudah hubungi beliau melalui whatsApp menanyakan kapan motor saya dikirim, beliau menjawab kalau motor saya belum bisa dikirim hari ini, dan berjanji pasti akan dikirim besok (Kamis) jam 14.00 wib,” jelas Eman kepada wartawan di Cibinong, Kamis (05/03/2020).
Karena sampai tiba waktunya motor ga juga dikirim juga, saya coba hubungi lagi tapi nomor yang bersangkutan (Ngatiman) sudah tidak aktip lagi, saya pun mencoba hubungi salesnya yang kemarin, dan dari keterangan sales tersebut, kalau motor sudah siap dikirim tapi karena uangnya belum disetor ke kantor sama pak Ngatiman makanya tertunda, sayapun disarankan untuk datang ke kantor lagi, dan tiba-tiba saya dapat informasi kalau pak ngatiman nya sudah kabur dengan bawa uang pembelian motor saya.
Atas kejadian tersebut, saya mencoba meminta pertanggungjawaban dari pihak dealer, tapi mereka sama sekali tidak mau bertanggung jawab, padahal saya bertransaksi secara legal di kantor dan di dealer mereka.
“saya heran apakah SOP cara kerja dan pelayanan dealer Honda seperti itu.? kok bisa pihak dealer lepas tangan atas kerugian konsumen yang jelas-jelas sudah membeli dengan proses yang benar, saya merasa sangat dirugikan, saya menuntut keadilan dan kejelasan atas uang saya, saya tidak mau tau kalau uang tersebut dibawa kabur/tidak disetorkan oleh oknum pegawai mereka,” tukas Eman Kesal.
Sementara itu pihak dealer yang coba dikonfirmasi terkait hal tersebut, melalui sales yang ada dikantor menyebutkan, jika manager ataupun orang kantor sedang tidak ada ditempat. “Manager sama orang kantornya lagi pada ga ada pak, lagi rapat dikantor pusat, coba datang lagi aja besok,” ucapnya. (Sto)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *