Kelurahan Nanggewer Laksanakan Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kader Posyandu

CIBINONG — Dalam rangka mencapai visi Pembangunan Kesehatan dan terwujudnya “Masyarakat Kabupaten Bogor Yang Mandiri Untuk Hidup Sehat”, salah satunya adalah memberdayakan dan meningkatkan fungsi para kader di posyandu.
Untuk itu Kecamatan Cibinong gencar menggelar kegiatan pelatihan peningkatan kader posyandu tahun 2020, di tiap-tiap kelurahan dan kali ini diselenggarakan di Kelurahan Nanggewer, Rabu (04/03/2020).
Kegiatan yang dihadiri seluruh kader posyandu perwakilan dari masing-masing RT dan RW se-kelurahan Nanggewer tersebut, secara umum tujuannya adalah, agar bagaimana setelahpelatihan ini peserta mengetahui, memahami tentang pengelolaan posyandu dan peran dan fungsinya serta kebijakan dalam posyandu di wilayahnya masing-masing.
Hadir sebagai narasumber Ketua PKK Kecamatan Cibinong Hj.Nurita Wahyuningsih, SE, petugas PKP Kecamatan Cibinong dan dari UPF Puskesmas.
Hj.Nurita dalam materinya menyampaikan tujuan dilakukannya kegiatanpelatihan ini agar para kader mampumengaplikasikan peran dan fungsinya sebagai kader posyandu. Meningkatkankemampuan fasilitasi pembelajaran kader posyandu dalam melaksanakan tugas Penggerakan dan Pemberdayaan masyarakat, meningkatkanketerampilan bagi kader Posyandu dalam menunjang pelaksanaan program kegiatan Kelurahan, serta meningkatkanketerampilan kader posyandu dalam melakukan komunikasi, advokasi dan negosiasi dengan pihak pemangku kepentingan di tingkat kecamatan dan Kelurahan dalam rangka mendapatkan dukungan sumber daya dalam menunjang program Kelurahan.
Senada dengan itu Lurah Nanggewer DwiAsih Rahmawati saatdimintai tanggapannya mengatakan, dengan dilakukan nya kegiatan pelatihan dan peningkatan kader posyandu tersebut diharapkan outputnya terjadi peningkatan para kader posyandu terhadap tugasnya, mampumengaplikasikan peran dan fungsinya sebagai kader pengelola posyandu.
” Diharapkan akan terjadi peningkatan kemampuan fasilitasi pembelajaran kader posyandu dalam melaksanakan tugas Penggerakan dan Pemberdayaan masyarakat, juga terjadi peningkatan kemampuan keterampilan bagi kader Posyandu dalam menunjang pelaksanaan Kelurahan siaga,” pungkasnya. (Sto)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *