Ulama PUI se-Indonesia Gelar Konsolidasi

SUKABUMI — Dihadiri para Ulama Persatuan Ummat Islam (PUI) se-Indonesia, antara lain hadir sebagai peserta KH. DR. Ahmad Heryawan, Lc, Prof. KH. DR. Didin Hafiduddin, M.Sc, dan KH. Nurhasan Zaidi, DPP PUI sukses menggelar Multaqa Ulama PUI di Hotel Balcony, Sukabumi pada tanggal 8-9 Februari 2010 kemarin. Acara ini digelar sebagai rangkaian kegiatan Pra Muktamar PUI yang akan dihelat pada Maret mendatang di Jakarta. Multaqa Ulama PUI kali ini mengusung tema besar kegiatan tersebut yaitu, “Kebangkitan Dakwah dan Pendidikan Keulamaan PUI”.

Ketua Majlis Syuro (MS) PUI, KH. DR. Ahmad Heryawan, Lc dalam sambutannya mengatakan, “PUI sebagai ormas yang lahir dari ulama, banyak ulama yang lahir dari ormas ini dan berperan penting di masyarakat, dengan mendirikan sekolah atau pesantren. Ini saatnya dakwah serta pendidikan keulamaan PUI harus bangkit. Dan sekaligus menjawab problematika ummat.”

Lanjutnya lagi, “Multaqa ulama PUI harus merespon persoalan umat kontemporer. Melalui ijtihad, mencari rumusan hukum (istinbath hukum) dalam menjawab permasalahan-permasalahan kekinian. Menemukan titik temu dari rujukan mu’tabarah (otoritatif). mulai dari qiyas, maslahah mursalah hingga maqashid syariah agar tercipta hukum yang berkeadilan dan memberi kemaslahatan umat, kata mantan Gubernur Jawa Barat dua periode ini.

Ketua Umum DPP PUI Periode 2019-2024, KH. Nurhasan Zaidi dalam sambutannya memaparkan, jaringan keulamaan PUI harus dikonsolidasikan kembali oleh PUI. Para Ulama Pendiri Pondok pesantren di Jawa Barat ini hampir semuanya murid KH. Ahmad Sanusi. Khusus wilayah Ciayumajakuning adalah jaringan murid KH. Abdul Halim. Dalam level kenegaraan melalui BPUPKI, ulama PUI berkontribusi aktif bagi negara.”

Diakhir sambutannya, Ketua Dewan Pertimbangan 2015-2020 ini mengatakan, “kita perlu bersinergi untuk melahirkan banyak ulama. Kita didik mereka, bekali mereka dengan ilmu agama dan pengetahuan. Agar kaderisasi ulama terus berjalan sebagaimana perhatian besar di awal pendirian PUI dari Persjarikatan Oelama (PO).”

Sementara itu, menanggapi hasil keputusan Multaqa Ulama PUI, Ketum DPD PUI Kab. Bogor H. Samsi Akbar Aflah mengatakan, dengan segala daya dan upaya sebagai Kader dan Pengurus PUI Insyaa Allah siap melaksanakan amanah para Ulama PUI yang tertuang dalam 8 butir rekomendasi yang dihasilkan Multaqa Ulama tersebut.

Karena dengan 8 butir rekomendasi Ulama PUI tersebut semakin memantapkan arah perjuangan PUI, yang merupakan hal penting dalam membangun komitmen dakwah. Arahlah yang membuat kita memiliki fokus. Arah juga yang membuat kita mantap dalam menarasikan cita masa depan, dan arah pulalah yang membuat kita mantap dalam berjalan mewujudkan kebangkitan dakwah PUI, kata H. Samsi Akbar Aflah yang juga salah satu anggota Majelis Syuro PUI menutup wawancara. (Sto)

 

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *