Presiden Minta Seluruh Kepala Daerah Siap Siaga Penanggulangan Bencana

BOGOR — Terkait penanggulangan bencana, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo meminta daerah Propinsi Kabupaten / Kota selalu siap siaga dan mampu bekerjasama dalam melaksanakan pencegahan dan penanganan setiap bencana.
Hal tersebut disampaikan Jokowi pada kesempatan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2020 yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di SICC Sentul Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Selasa (04/02/2020).
“Saya perintahkan untuk melakukan pencegahan secara mitigasi dan melakukan kesiap siagaan, kita juga harus melakukan pengendalian tata ruang untuk mengantisipasi terjadinya bencana, dan untuk selalu sigap dalam menghadapi segala bentuk bencana,” tegas Jokowi.
“Kedua saya juga minta Gubernur, Bupati Walikota untuk menyusun sarana prasarana kesiap siagaan sehingga bisa menangani maksimal saat terjadi bencana. Salah satunya dengan penanaman rumput Vetiver. Pendekatan dari unsur pemerintah dan akademisi, peneliti, dunia usaha, masyarakat serta media massa untuk menyampaikan informasinya kepada publik,” tambah Jokowi.
Perlu juga saya ingatkan kepada panglima TNI dan Kapolri dalam hal ini untuk terus turut berperan serta dalam pencegahan bencana dan penegakan hukumnya serta senantiasa bersinergi dengan Pemda baik di tingkat provinsi kabupaten/kota.
Juga terkait bencana non alam, seperti kasus yang lagi viral di dunia seperti virus korona, juga harus menjadi perhatian penuh pemerintah, jika itu terjadi di negara kita, kita harus punya skenario, langkah – langkah untuk pencegahan dan penanganannya. Apresiasi saya serta ucapan terimakasih atas segala kerja keras kepada segenap relawan kemanusiaan  dalam penanggulangan bencana selama ini Tutup Jokowi. (Sto/Mbarep)

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *