Kepala BPBD Kabupaten Bogor Hadiri Rakornas Penaggulangan Bencana 2020

SENTUL — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Yani Hasan menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana  2020 yang diselenggarakan oleh BNPB di SICC Sentul Bogor, Selasa (04/02).

Dalam rapat koordinasi yang dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo tersebut, Jokowi meminta kepada semua kepala daerah se Indonesia agar selalu siaga bencana.
“Saya minta kepada seluruh kepala daerah baik itu Gubernur, Bupati maupun Walikota untuk menyusun sarana prasarana kesiap siagaan sehingga bisa melakukan penanganan maksimal saat terjadi bencana. Salah satu contoh untuk mencegah bencana longsor dengan penanaman rumput Vetiver,” pinta Jokowi.
“Saya juga perintahkan untuk melakukan pencegahan secara mitigasi dan melakukan kesiap sagaan, kita juga harus melakukan pengendalian tata ruang untuk mengantisipasi terjadinya bencana, dan untuk selalu sigap dalam menghadapi segala bentuk bencana,” tegas Jokowi.
Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Bogor Yani Hasan yang dikonfirmasi terkait himbauan Presiden Jokowi tersebut, menyatakan menyambut baik gagasan itu. Sebagai contoh BPBD kabupaten Bogor pada saat penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi diwilayah kabupaten Bogor baru-baru ini, Yani Hasan menyebutkan bahwa pihak pemerintah daerah melalui BPBD kabupaten bogor bersama stokeholder yang ada telah berusaha maksimal dalam melakukan penanganan pada saat terjadi bencana hingga penanganan korban pasca bencana.
Bahkan menurutnya BPBD Kabupaten Bogor secara kontinyu dan konsisten terus melakukan pemantauan dan pengendalian bencana dimulai dari penanganan, evakuasi korban hingga usaha membuka akses jalan sarana prasarana yang sempat terputus dibeberapa titik wilayah terjadinya bencana.
” Kita sepakat bahwa penanggulangan bencana bukan cuma urusan pemerintahan saja, tapi menjadi urusan semua lapisan masyarakat, sesuai dengan tema rakornas yakni Penanggulangan Bencana adalah urusan bersama. Kita jaga alam, alam jaga kita,” tukas Yani Hasan. (Santo)

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *