Mukhtar Kelana : 6 Tahun Jabatan Saya, Cilebut Timur Jadi Desa Swasembada

Photo :  Mukhtar Kelana (Kepala Desa Cilebut Timur)
CILEBUT TIMUR — Pasca resmi dilantik Bupati Bogor sebagai Kepala desa Cilebut timur Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor di akhir tahun 2019 lalu, Mukhtar Kelana, gerak cepat untuk merealisasikan program kerjanya.
Ditemui di Kantornya Rabu (29/01),  kepada awak media ini Mukhtar menjelaskan, “di awal kepemimpinan saya adalah ingin meningkatkan perekonomian warga melalui pemberdayaan, pelatihan kepada masyarakat dalam usaha UMKM.
” Karena bidang infrastruktur di desa cilebut timur ini hampir 80 persen sudah rampung, kemungkinan untuk anggaran Dana Desa dan lain-lain yang diterima pemerintah desa, akan lebih di fokuskan ke bidang pemberdayaan. Salah satunya rencana untuk peningkatan Badan usaha milik desa (BUMDES)”. Ungkap Mukhtar.
Lebih lanjut Kades Mukhtar menjelaskan bahwa di desa cilebut timur banyak potensi untuk meningkatkan perekonomian warga, salah satunya melalui pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM), namun semua itu hingga saat ini masih terkendala terkait pemasarannya.
“Selain bumdes kios ruko yang sudah berjalan, target saya juga dalam rangka meningkatkan perekonomian tadi adalah memberdayakan UMKM yang ada. Di desa cilebut timur ini kita memiliki UMKM yang bergerak di bidang pengolahan makanan dan kerajinan yang salah satunya adalah pembuatan roti dan kerajinan dari bambu,” imbuhnya.
Nah untuk memfasilitasi para UMKM tersebut kami berencana akan menyiapkan infrastruktur nya dulu dengan membangun galeri UMKM.
Harapan saya selama saya menjabat 6 (enam ) tahun kedepan, saya akan berusaha untuk membawa desa  Cilebut timur yang masih kategori desa Swakarya menuju desa Swasembada  yang mandiri dan bermartabat,” pungkas Kades. (Sto)

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *