Desa Sanja Desa Mandiri Tuntas Realisasikan DD Tahap III

CiTEUREUP — Dana Desa Tahap III yang diterima Desa Sanja Kecamatan Citeureup tuntas dilaksanakan atau direalisasikan.Hal tersebut disampaikan Hadi selaku Sekretaris Desa saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (27/01/2020).

Kepada awak media tugasbangsaNews.com Hadi menjelaskan bahwa realisasi dana desa tahap III sebesar Rp 377.118.000,- yang diterima Pemdes Sanja, realisasinya di bagi antara ke pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan.
Gambar : (Photo kegiatan pembangunan infrastruktur jalan lingkungan yang dilaksanakan oleh TPK bersama warga)
“Untuk pembangunan infrastruktur kami telah melakukan betonisasi jalan lingkungan (jaling) di sepuluh titik yang tersebar di RW 02, 05 dan RW 06.
Kami juga melakukan pembangunan TPT di dua titik yakni di RT 03, 05 RW 01. Selain itu juga ada pembangunan drainase air di lingkungan RT 03 RW 01 dan di RT 05 RW 04, serta rehabilitasi bangunan 6 buah posyandu. Total ada 17 item kegiatan yang sudah rampung dilaksanakan, dan saat ini kami sedang melakukan pembuatan SPJ nya,” ungkap Hadi.
Selain pembangunan dibidang infrastruktur, menurut Hadi Dana Desa tersebut juga dimanfaatkan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat, diantaranya kegiatan pelatihan peningkatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), peningkatan pelatihan kerja bagi masyarakat, juga pelatihan pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha bagi warga penerima bantuan PKH agar tidak menjadi ketergantungan dengan bantuan yang diterima dari pemerintah.
Desa Sanja yang sudah mendapatkan predikat Desa Mandiri berdasarkan indek ketersediaan infrastruktur yang sudah memadai, mempunyai akses jalan transportasi hidup 24jam, akses kesehatan dan pendidikan bagi warganya, baru-baru ini juga mendapatkan apresiasi dari Pemprov Jabar berupa 1 (satu) unit mobil MASKARA (Mobil Aspirasi Kampung Jawara) yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan desa dan warganya.
” Alhamdulillah Desa Sanja sudah menjadi salah satu Desa Mandiri dari 4 Desa Mandiri yang ada di wilayah Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor. Hal ini tentu berkat kerjasama serta sinergitas yang baik antara warga dengan pemerintahan desa yang dipimpin Solahudin selaku Kepala Desa nya.
Kedepan dengan terus bergulirnya bantuan Pemerintah Pusat melalui Dana Desa ini, selain sangat bermanfaat untuk perbaikan infrastruktur, harapan kami bisa menjadikan warga desa kami terberdayakan sehingga bisa lebih mandiri secara ekonomi, tukas Hadi. (Sto)

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *