Penyuluhan Hukum Terpadu Kelurahan Nanggewer Mekar

CIBINONG — Kelurahan Nanggewer Mekar Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, hari ini menyelenggarakan Penyuluhan hukum terpadu, Senin (02/12).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman hukum terhadap masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Baik persoalan hukum pidana Sepertinya KDRT, penyalah gunaan narkoba di keluarga, juga masalah hukum perdata, dan masalah admistrasi hukum seperti kesalahan nama/tanggal lahir di Akte kelahiran, KTP, KK.
Insert : Lurah Nanggewer Mekar, Ilmi Gunawan,SH, MA.

Dalam kesempatan itu, pemateri dari unsur Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama dan Kepolisian Cibinong, sama-sama menekankan pentingnya masyarakat melek dan sadar hukum, agar masyarakat tau dan paham apa saja kegiatan sehari-hari yang bisa bersentuhan dengan hukum yang ujungnya berdampak pada kasus hukum.

Salah satu narasumber dari pengadilan agama cibinong dalam materinya menyampaikan pentingnya masyakarat tahu bahwa sekarang sudah ada UU  perkawinan yang baru, yang menentukan batas usia perkawinan baik laki-laki atau perempuan sama, yakni minimal umur 19 tahun. Namun jika memang terpaksa harus menikah dibawah usia tersebut, pihak keluarga masih bisa mengajukan apa yang disebut “dispensasi kawin” , tentunya dengan membuat permohonan, dan memenuhi unsur ketentuan dan syarat-syarat yang layak ke pengadilan agama.
Insert : Kegiatan Penyuluhan hukum terpadu Kelurahan Nanggewer Mekar

Sementara itu Lurah Nanggewer Mekar Ilmi Gunawan, SH, MA, mengatakan, sangat bersyukur dan berterima kasih atas insiasi Pemkab Bogor melalui divisi bidang hukumnya dalam mengadakan sosialisasi atau penyuluhan hukum bagi warganya, yang disambut cukup antusias, “harapan saya kegiatan ini bisa berlanjut, sehingga bisa memberikan pemahaman yang maksimal kepada warga tentang hukum, khususnya warga kelurahan Nanggewer Mekar,’ ucap Ilmi.

Hadir dalam kesempatan itu, ibu -ibu kader PKK, Kader Posyandu, Karang Taruna dan unsur  RT, RW kelurahan Nanggewer mekar. (Santo)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *