PILKADES Serentak 2019 Kabupaten Bogor

BOGOR — Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang ketiga tahun 2019 di Kabupaten Bogor, bakal dihelat esok hari, 3 November 2019. Ritual kontestasi politik tingkat desa ini teramat penting sebagai mekanisme konstitusional mengganti pemimpin desa.

Keberlangsungan pembangunan desa ditentukan lewat prosesi ini, sehingga pilkades menjadi penting bagi sebagian kelompok warga dan krusial bagi seluruh masyarakat di sebuah desa.

Warga desa sudah sangat mafhum dengan dinamika gelaran kontestasi pilkades yang sangat identik ini. Genderang kompetisi ditabuh kencang oleh tiap kontestan, manuver politik lokal dilakukan jauh-jauh hari dengan cara yang “halal konstitusional” sampai yang “haram konstitusional”.

Melempar wacana, propaganda, persuasi pemilih, opinion leader, hingga money politics, merupakan bagian dari halal-haram konstitusional proses Pilkades. Tujuan dari semua hal itu cuma satu, merangkul sebanyak-banyaknya pemilih demi meraup kumulasi suara yang signifikan pada ajang Pilkades 3 November nanti. (Red)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *