SKSG Universitas Indonesia Kunjungi Lapas Cipinang

JAKARTA — Dalam rangka pengabdian masyarakat, Ikatan Wanita Keluarga (IWK) Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) dan Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) melakukan kunjungan ke Lembaga Permasyarakatan Narkotika kelas II A Jakarta. Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh ketua IWK SIL SKSG, Dr. Sobichatul Aminah.

Dalam sambutannya, Ketua IWK SIL SKSG menyampaikan rasa gembira melihat semangat dan antusiasme para warga binaan yang menjadi peserta kegiatan tersebut. Ia pun merasa senang mengetahui adanya beberapa program binaan dan BLK di Lapas. Menurutnya semua program ini dimaksudkan untuk menunjang dan membekali warga binaan menjalani kehidupannya kelak. “Saya berharap dari kegiatan ini akan terjalin kerjasama yang berkelanjutan sebagai bentuk pengabdian masyarakat dari Universitas Indonesia.” Ujar Dr. Sobichatul Aminah.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lapas Cipinang, Eddy Junaedi mengungkapkan, beberapa program pembinaan telah dilakukan oleh Lapas Cipinang. Diantaranya, PKBM, penyuluhan dan edukasi, pemberian motivasi, therapeutic community dan sebagainya. “Yang dilakukan IWK kali ini, sangat beririsan dengan program Lapas. Maka kami membuka pintu lebar-lebar untuk IWK atau siapa saja yang beritikad baik untuk memberikan nilai positif bagi warga binaan,” ungkapnya.

Eddy menjelaskan, ada faktor internal dan eksternal yang berperan penting dalam proses pembinaan di Lapas. Faktor internal, yaitu petugas lapas yang kompeten. Sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan luar, segenap stakeholder yang peduli pada lapas, dan faktor keluarga yang senantiasa mendukung warga binaan. Yang keempat, meluruskan stigma masyarakat terhadap mantan napi yang masih kurang baik. “Sebagaimana prinsip yang menjadi semboyan warga binaan yaitu Tidak semua yang dibalik teralii penjara itu orang jahat, dan tidak semua yang berkeliaran di luar itu orang baik.” Jelasnya.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat IWK SIL SKSG diantaranya seminar motivasi dan pemutaran film inspiratif dari kisah ustadz Jeffry Al Buchori. Pada sesi motivasi, pemateri Juwarti Hafsah, berhasil membuat suasana menjadi meriah dan penuh semangat. Dari beberapa tanya jawab, tergali beragam cerita dan pengalaman dari warga binaan. Selain itu, adapula penampilan kegiatan warga binaan mulai dari hafalan Al-Qur’an, stand up comedy, hingga karaoke bersama. “Diharapkan adanya giat ini dapat memberikan motivasi dan kepercayaan diri bagi para warga binaan yang sedang menyelesaikan masa tahanannya.” Ungkap Juwarti Hafsah. Giat kunjungan IWK SIL dan SKSG UI tersebut diakhiri dengan mengunjungi Griya Karya Narapidana, yaitu Balai Latihan Kerja (BLK) Lapas Narkotika Jakarta. (rie/sto)