Resmi Beroperasi Kapal Penumpang Pemkab Pesawaran Layani Rute Ini

PESAWARAN — Kapal penumpang Banawa Nusantara 113 milik Pemkab Pesawaran beroperasi secara resmi sejak dilaunching pada 17 Oktober lalu dengan rute pelayaran tiga pulau; Pulau Pahawang, Pulau Legundi, dan Pulau Tegal di kabupaten pesawaran, jum’at ( 25/10/’19 ).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran Afdal Faisal mengatakan kapal penumpang yang mampu menampung 24 penumpang dan muatan barang seberat 10 ton ini akan digunakan untuk melayani masyarakat Pesawaran, terutama yang tinggal di pulau.

“Kini masyarakat yang hendak pulang atau keluar dari pulau-pulau di wilayah Kabupaten Pesawaran bisa diangkut dengan alat transportasi yang nyaman dan safety karena ini memang kapal penumpang, bukan kapal nelayan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran Afdal Faisal kepada tim media yang tergabung di KO-WAPPI di ruang kerjanya, Jumat (25/10).

Kepada awak media Afdal juga mengungkapkan jadwal pelayaran kapal penumpang Banawa Nusantara 113 sudah ditentukan, yaitu Selasa dan Jumat Pelabuhan Ketapang–Pulau Pahawang, Rabu Pelabuhan Ketapang–Pulau Legundi, dan Kamis Pelabuhan Ketapang–Pulau Tegal.

Lebih lanjut dia mengatakan dengan adanya kapal bantuan milik Pemkab Pesawaran ini maka WNI, khususnya yang ada di Kabupaten Pesawaran mendapatkan pelayanan transportasi yang nyaman.

“Jangan sampai WNI khususnya di Kabupaten Pesawaran yang pulang atau keluar dari pulau tidak bisa terangkut atau merasa tidak nyaman, terutama jika terjadi bencana,” kata Afdal.

Dia juga mengatakan saat ini masih banyak kapal pengangkut ikan yang beroperasi mengangkut penumpang. Ke depan, kata dia, angkutan yang tidak safety harus digantikan dengan angkutan yang safety.

“Sebetulnya sejak kapal datang 19 Agustus, kita sudah banyak melakukan pelayaran membantu masyarakat. Kalau berlayar kapal kita bisa dipantau melalui Chanel 12

Kapal kita dilengkapi dengan GPS yang memiliki tiga fungsi. Pertama, untuk mengetahui kedalaman laut dan karang di bawah laut, kedua untuk memastkan kita berlayar di jalur yang benar dan Mengetahui titik dimana yang banyak ikan. ( oby/rifka )

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *