PILKADES Desa Ciomas Memanas Diduga Panitia Dan Aparatur Desa Tidak Netral

CIOMAS — Pemilihan Kepala Desa di Desa Ciomas, Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor berpotensi memanas.
Pasalnya diduga jajaran perangkat desa dan panitia Pilkades didduga tidak netral dan terkesan ada keberpihakan pada salah satu calon kades.
Hal ini diungkapkan salah seorang warga desa Ciomas yang berinisial J, pada saat rapat penetapan dari balon ke calon Kades.
“Menurut pengamatan kami patut diduga panitia dan BPD Desa Ciomas tidak  netral, itu terlihat  surat edaran Bupati dan Camat tentang kewajiban netralitas panitia dan aparat desa, yang seharusnya tanggal 6 September lalu sudah diedarkan, nyatanya baru muncul beberapa Minggu setelah didesak oleh calon Kades lainnya” terang J
“Keterlibatan RT RW juga sangat jelas mendukung salah satu calon, padahal secara aturan mereka itu wajib netral,” imbuhnya.
Untuk itu kami selaku warga meminta Bupati turun tangan dan mengambil tindakan tegas terkait ketidak netralan panitia dan aparat Desa tersebut, kami juga minta, RT RW netral
dan minta kepada pjs Kepala Desa sekarang, juga menindak RT RW yang masih berpihak.
“Masyarakat Ciomas ini sudah pada pinter, jadi janganlah dibodoh-bodohi lagi, jangan coba ciderai demokrasi, tukas J dari Lembaga Pemantau Penegak Hukum Indonesia.
Terpisah Panitia Pilkades Desa Ciomas yang coba dikonfirmasi melalui kontak WhatsApp, membantah informasi tersebut,  Agus salah satu panitia Pilkades mengatakan, “Menanggapi berita adanya keberpihakan perangkat desa, dan lembaga masyarakat desa dengan ini kami sampaikan bahwa kami tegaskan bahwa kami sudah memenuhi ketentuan yang berlaku dengan menjaga netralitas baik perangkat desa, panitia, lembaga Kemasyarakatan dan Linmas, dengan membuat surat kepala desa yang ditujukan kepada Lembaga Kemasyarakatan (RT, RW, PKK Desa, Kader Posyandu, LPM), BPD dan Linmas untuk bersikap netral pada saat penetapan bakal calon menjadi calon, pada saat kami baru menerima surat dari kecamatan,” terang Agus.
Agus menambahkan, terkait  photo dalam berkas lamaran,  panitia menyampaikan kepada seluruh calon agar menggunakan photo calon dengan background bendera merah putih dan  panitia tidak pernah memihak kepada salah satu calon tertentu, panitia telah memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan  yg berlaku, tandasnya. (Sto)

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *