Polres Berikan Penyuluhan Bahaya Narkoba Kepada Para Siswa MAN 1 Pesawaran

Pesawaran — Madrasah aliyah negeri satu ( MAN 1 ) Pesawaran telah dilaksanakan sosialisasi penyuluhan Narkoba oleh Kanit Binmas Polsek Kedondong Ipda Rivai Kemala mewakili kapolres pesawaran, kamis ( 26/9/’19 ).

Narkoba, narkotika Bahan atau zat Adiktif Istilah lain dari Narkoba  Madat , Napza, Naza , Drug, Obat Berbahaya Narkotika, UU RI Nomor 35, Tahun 2009 Tentang Narkotika.

” Zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintesis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan ” katanya.

Efek Ganja, Opium, kokoin,  Depresan dari semua jenis Narkoba berepek patal bagi manusia seperti malas , lemah daya pikir , ganguan jiwa , seragan jantung serta kerusakan pada Otak bisa membuat Gila dan bisa membawa kematian kalau sudah sampai pada over dosis.
Dilanjutkan oleh kanit binmas polsek kedondong mewakili polres pesawaran,
” Dampak sosial Narkoba terjadi disharmoni pada lingkungan keluarga, sekolah, pekerjaan, dan sosial, meningkatnya gangguan keamanan atau tindak kriminalitas, Terjadi hubungan seksual yang cenderung bebas dan berganti-ganti pasangan, meningkatnya tindak kejahatan pemerkosaan dan aktifitas prostitusi. 80% penderita HIV/AIDS adalah pemakai narkoba,
Meningkatnya kecelakaan lalu-lintas, Meningkatnya tindak kejahatan peredaran gelap narkoba” terang Rivai.

Prinsip Rehabilitasi ,
Keberhasilan ditentukan oleh kemauan keras penderita ketergantungan narkoba untuk sembuh, Memerlukan waktu panjang, fasilitas dan obat memadai, tenaga profesional yang kompeten melibatkan berbagai profesi dan keahlian, dan biaya yang sangat besar, Memerlukan dukungan, perhatian, dan keterlibatan orang tua dan keluarga penderita” tuturnya.
” Sampai sekarang tidak ada satupun modalitas perawatan dan pemulihan yang terbukti paling efektif , Kerusakan sel susunan saraf pusat (SSP) tidak bisa dipulihkan seperti sedia kala” pungkasnya.
Jika anak menjadi Pecandu, Jangan Panik segera konsultasi pada pihak yang kompeten, Konsolidasi keluarga, komunikasikan konsep rehabilitasi pada si pecandu, motivasi si pecandu untuk berhenti, Jangan termanipulasi oleh si pecandu serta ikhtiar dan doa. ( oby / zal )

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *