Pameran Dan Workshop Asik UMKM Akan Digelar

JAKARTA – Kegiatan pameran dan workshop untuk para pelaku usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) akan digelar mulai tanggal 24 hingga 29 September 2019.

Kegiatan bertajuk ASIK (Anjungan Sentra Indonesia Kreatif) tersebut dilaksanan atas kerjasama Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG-UI), Kajian Pengambangan Perkotaan Universitas Indonesia (KPP UI), ILUNI KPP, ILUNI SPS, Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi DKI Jakarta dan Sudin Pariwisata dan Budaya Jakarta Timur, Sarinah, Kemenkop dan UKM, Bekraf, Iwapi DPC Jakarta Timur dan Ethnic and Harmony.

 

“Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap kekuatan UMKM yang turut bersama memajukan perekonomian Indonesia, khususnya mengangkat ekonomi kreatif menuju wajah baru Jakarta,” ungkap Dr. Ir. Lita Sari Barus, M.Si Ketua Pengabdian Masyarakat UI dalam keterangannya kepada media ini, Senin (23/9/2019).

Dijelaskan olehnya, melalui kegiatan ini diupayakan langkah nyata dalam mewujudkan salah satu visi untuk menghasilkan sumber daya manusia perkotaan yang produktif dan sarana pengabdian masyarakat. Pameran yang digelar menampilkan produk-produk dari UMKM, juga bersamaan dilaksanakan berbagai workshop dan takkshow. “Workshop dan talkshow yang digelar akan membahas tentang tema-tema penting seputar UMKM,” Imbuh Lita Sari Barus.

Dia menambahkan, diantaranya tema penyuluhan BPOM, penetrasi pasar di Sarinah, strategi untung penambahan modal dan pasar modal, pemasaran UMKM melalui digitalisasi, pariwisata dan budaya dalam menunjang kegiatan UMKM, kegiatan fotografi produk, penyuluhan peran dan fungsi koperasi sebagai agregator kegiatan UMKM, peer to peer lending sebagai alternatif sumber pendanaan dan pengembangan usaha, kegiatan melukis di kain dan kertas, serta pengelolaan resiko kegiatan menuju UMKM yang sukses “Pelaksanaannya dilakukan pada tanggal 24-29 September 2019 Lt UG Sarinah Thamrin,” ujarnya.

Lebih jauh dipaparkan Lita Sari Barus, acara ini diharapkan dapat menjadi tempat bertemunya kreasi dan inovasi, serta dapat merangsang ide-ide baru yang dapat dikembangkan oleh segenap pelaku UMKM. Selain itu, sambungnya, melalui kegiatan yang dilakukan ini elemen-elemen bangsa diajak untuk berkolaborasi tidak hanya sampai pada pengembangan ilmu pengetahuan, melainkan juga memberi kontribusi nyata kepada masyarakat. “UMKM saat ini telah menjadi salah satu motor penggerak ekonomi masyarakat yang dari waktu ke waktu yang menampakkan peran yang semakin penting.” Pungkasnya. (santo)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *