Pemkab Bogor Tutup Saluran Limbah Pakai Cor Semen

 

Kabupaten Bogor – Dua perusahaan PT HTI dan PT MGP perusahaan pengolahan plastik dan suku cadang logam dikawasan Klapanunggal dan Gunung Putri. Ditutup saluran pembuang limbah oleh tim Pemkab Bogor.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor menutup saluran pembuangan limbah
milik pabrik PT HTI dan PT MGP ditutup dengan coran semen.

“Kedua pabrik tersebut belum memenuhi kewajibannya dalam pengelolaan lingkungan hidup. Kita ambil tindakan dengan mengecor saluran pembuangan limbah,” kata Sekretaris DLH Kabupaten Bogor Anwar Anggana Jumat (29/8/2019).

Kedua perusahaan tersebut kata Anwar diduga buang limbah cair ke Sungai Cileungsi diatas baku mutu. Disebutkan, pada 1 Oktober 2018 lalu dua pabrik tersebut telah disegel agar memperbaiki pembuangan limbahnya.

Namun, hasilnya tidak ada perubahan. Perusahaan tersebut diduga kuat masih membuang limbah ke Sungai Cileungsi sehingga terjadi tercemar.

Selain dicor, tandas Anwar kedua perusahaan itu akan diproses sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Misalnya mencabut izin kedua perusahaan tersebut.

Pihaknya akan terus memantau dan mengawasi seluruh pabrik-pabrik yang berada di sepanjang aliran Sungai Cileungsi.

Perusahaan yang terbukti membuang limbah, kata Anwar, akan ditindak tegas dengan menutup saluran limbahnya yang mengalir ke Sungai Cileungsi dengan cara yang sama. (Sugeng W)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *