Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor Gelar Kegiatan Pengamanan Hewan Dan Daging Qurban

Photo : Pelepasan petugas pemeriksa hewan daging qurban Idul Adha 1440 H

Cibinong | Kabupaten Bogor — Jelang Hari Raya Idul Adha 1440 H Tahun 2019 Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor menggelar pelaksanan pengamanan hewan dan daging qurban Idul Adha 1440 H/2019, dalam rangka mewujudkan ketenteraman bathin bagi masyarakat dalam mengkomsumsi daging qurban.

Sehubungan dengan itu maka Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor akan melaksanaan serangkain kegiatan yang meliputi :

Pemeriksaan kesehatan calon hewan qurban di lokasi penggemukan, pasar kaget dan tempat penampungan hewan qurban serta pedagang di lapak yang ada di pinggir jalan. terang Ir.Hj.Siti Farikah,Mm Kepala Dinas Diskanak Kabupaten Bogor, saat acara pelepasan Petugas Pemeriksa Hewan daging qurban Idul Adha 1440 H / 2019 yang dilaksanakan di halaman  kantor Diskanak, Sabtu (10/8/2019).
“Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sejak H-13 s/d H- 1 (tanggal 29 Juli s/d 10 Agustus 2019). Untuk hewan-hewan yang dinyatakan sehat diberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan Qurban (SKKHQ), Peneng Sehat serta stiker qurban sehat.
Hasil sementara s/d H-2 sebanyak 37.354 ekor yang telah di periksa dan tidak ditemukan ternak sakit/mengarah ke penyakit Zoomosis” ujar Bu Kadis.
Photo: Ir. Hj. Siti Farikah, Mm (Kepala Dinas Diskanak Kabupaten Bogor)

Diskanak juga telah melakukan sosialisasi dalam rangka Menuju Qurban Berkualitas bagi masyarakat Kabupaten Bogor dengan penekanan target sasaran bagi penyedia/pedagang hewan qurban, para panitia qurban di DKM serta masayarakat umum sebagai penerima daging qurban. Sosialisasi dilakukan melalui media cetak (berupa brosur, leaflet spanduk, baliho, DVD tata cara penanganan hewan dan daging qurban yang halal dan higienis) serta media elektronik (On air radikal TEMAN FM), Vidiotron dan website Diskanak). Sosialisasi juga dilakukan melalui surat edaran dari Diskanak ke seluruh Desa/Kelurahan di Kabupaten Bogor.

Selain itu Diskanak juga bekerjasama dengan LP POM MUI Kabupaten Bogor dalam melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengembangan Kader penanganan hewan qurban bagi anggota DKM selama Lima Tahun terakhir yang jumlahnya terakumulasi sebanyak 1.800 orang yang telah dilatih. Diskanak juga bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan IPB dalam pemeriksaan hewan da daging qurban dengan melibatkan 100 orang mahasiswa ko-asisten dan tingkat akhir yang disebar di 21 Kecamatan untuk membantu petugas Disamakan dalam pemeriksaan kesehatan hewan dan daging qurban selama dua hari (H-1 s/d hari H).
“Pelepasan petugas pemeriksa hewan daging qurban Idul Adha 1440 H / 2019 yang hari ini digelar, terdiri atas Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan IPB (FKH-IPB), petugas Diskanak Kabupaten Bogor, Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Barat II serta Petugas Pemantau dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian yang dilaksanakan pada Sabtu (10/8/2019) di halaman Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor sebanyak 200 orang”, terang Siti Farikah.
Pemeriksaan proses penyembelihan hewan qurban dan proses distribusi sejak hari H s/d H+3 (hari tasrikh). khusus hari H Diskanak memeriksa secara serempak dilaksanakan diseluruh Kabupaten Bogor dengan dibantu oleh 100 orang mahasiswa  FKH-IPB, petugas medis Diskanak 65 orang, petugas medis dari Ditjen PKH Kementrian Pertanian sebanyak 6 orang Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat 3 orang serta 20 orang anggota PDHI Jabar II. pungkasnya. (sto)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *