Kelurahan Peledang Giatkan Jumat Bersih

Kota Bogor–  Keluarahan Paledang Kota Bogor kini menggiatkan Program Jumat Bersih yang memang beberapa tahun terakhir telah di gadang- gadang Pemkot Bogor dalam upaya mengatasi masalah sampah dan mewujudkan adanya daerah yang bersih nan asri sehingga bisa menjadi wilayah yang layak untuk.hunin warga setempat.
Johan, Lurah Paledang ketika ditemui wartawan di kantornya pekan lalu mengungkapkan jika kondisi wilayah yang kini dipimpinnya adalah salah satu daerah yang sudah sangat sempit dengan penduduk yang sangat padat dan berada di tengah- tengah Kota Bogor.
“Dengan kondisi wilayah yang sempit dan serba padat, pembangunan sudah sedemikian maju pesat namun terasa kurang didukung oleh kondisi jalan yang terasa sempit dan kurang memadai sebagai akses pendukungnya. Ini menjadi Pekerjaan Rumah (PR) tersendiri bagi kami pihak kelurahan dalam membenahi masalah ini,” beber Johan.
Lanjut Johan, kesulitan kedua yang dialaminya juga berkaitan dengan masih banyaknya warga Paledang yang tinggal di pinggir- pinggir sungai.
“Padahal kan hal itu sangat berbahaya ketika musim hujan tiba, yang mana mereka akan mudah terimbas jika ada banjir, longsor maupun erosi. Namun Alhandulillah, setelah setahun saya menjadi Lurah di Paledang, tidak ada kejadian seperti yang kami takutkan tadi dan tidak ada warga yang menjadi korbannya,” ujar Johan.
Johan mengakui jika masalah permukiman warga di Kelurahan Paledang memang jadi kesulitan tersendiri baginya. “Ya bagaimana lagi ya, mereka yang merupakan penduduk asli Paledang memang sudah menghuni disini sudah puluhan tahun, sudah beberapa generasi, nenek moyang mereka sudah asli sini, pribumi yang sudah menetap termasuk yang tinggal di pinggiran- pinggiran sungai, mau diapakan, sedangkan dari Pemerintah setempat tidak ada anggaran/ bantuan untuk pembelian rumah baru atau tanah di tempat yang lain, misalkan, sedangkan harga tanah semakin tahun semakin melambung tinggi harganya,” ucap Johan.
Hal yang utama sekarang penting untuk dilakukannya sebagai Lurah Paledang adalah melakukan pemantauan terus menerus kepada warga agar jangan sanpai ada warganya yang terlantar ataupun menderita khususnya secara ekonomi tanpa sepengetahuannya.
“Tentunya sebagai Lurah saya akan terus menjaga warga saya, dengan mengawasi mereka dari jauh sehingga jika terjadi hal- hal yang harus kami bantu pastinya kami pihak kelurahan selalu siap kapanpun. Adapun mengenai daerah Paledang yang dikellilingi sungai yang cukup besar dan dalam, itu pasti kami selalu bicarakab dengan pihak PSDA terkait,” tutup Johan.(Imas).

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *