Kelurahan Panaragan Ingin Lokasi Wilayahnya Bersih

Kota Bogor– Menjadi Lurah baru di Kelurahan Panaragan Kota Bogor, Manan Tampubolon sudah punya banyak program di tangannya. Yang mana untuk saat ini program tersebut salahsatunya adalah penanganan masalah kebersihan.
“Sejak saya mulai bertugas disini, saya perhatikan sudah ada beberapa warga Panaragan yang mulai.membuang sampah dengan memilah dan memilihnya terlebih dahulu, mana yang sanpah organik dan mana sampah yang non organik. Namun itu belum semua melakukannya,, karena masih ada diantara mereka yang membuang seluruh sampqh dapur dan sampah rumahnya tanpa dipilah dan dipilih sebagaimana mestinya bahkan masih ada saja warga Panaragan yang suka membuang sampah sembarangan padahal sudah disiapkan tempat sampah di dekat mereka tinggal, ” papar Manan kepada wartawan, ketika ditemui di kantornya pekan lalu.
Lanjut Manan, jika hal kedua yang sedang diperhatikannya adalah masalah titik rawan bencana di Wilayah Panaragan.
“Memang ada beberapa titik rawan bencana di Kelurahan Panaragan ini, utamanya masalah longsor dan banjir ketika musim hujan tiba kelak. Hal ini disebabkan karena memang lokasi daerahnya yang kebanyakan berada di pinggir sungai sehingga perlu kewaspadaan tambahan bagi kami dalam mengawasinya,” katanya.
Adapun hal ketiga yang menjadi fokus kinerjanya adalah penanganan masalah kemiskinan di Wilayah Panaragan.
“Yang mana untuk saat ini ada sekutae 400 warga saya yang masih tergolong kurang mampu dan membutuhkan bantuan. Tentunya bagaimanapun caranya kami akan mengupayakannya demi kesejahteraan warga semua,” lanjutnya.
Hal yang sama pentingnya juga mengenai penataan wilayah sungai yang sebagian sudah digunakan untuk hunian warga.”Tapi untuk masalah sungai, kami pihak kelurahan tidak bisa kerja sendirian karena ada dua sungai terkait yakni Sungai Cipakancilan dan Cisadane, termasuk juga ini menjadi wewena dari dinas terkait yang menangani Daerah Aliran Sungai (DAS). “Tentunya kami akan bekerjasama dengan mereka jika ada hal- hal yang harus kami atasi,” tutup Manan.(Imas).

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *