Desa Citaringgul Sosialisasikan Persiapan Pembangunan RTLH

Babakan Madang | Kabupaten Bogor – Bertempat di Aula Pemerintahan Desa Citaringgul Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, hari ini, Rabu (11/07/2109) mengadakan kegiatan sosialisasi persiapan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada warganya selaku penerima bantuan.

Photo : Dede Nurjaman TPK Desa Citaringgul

Tujuannya adalah agar bagaimana para penerima bantuan RTLH ini tahu dan paham mekanisme serta  pelaksaannya nanti, terang Dede Nurjaman selaku TPK Desa Citaringgul yang ditunjuk untuk melaksanakan program tersebut kepada tugasbangsanews.com.

Ia juga menambahkan, kami selaku TPK (pihak desa) tidak mau juga disalahkan nantinya, jangan sampai ada bahasa seperti di Desa lain “Imah urang di acak-acak, anggeus mah henteu” ujarnya. Jadi kami menjaga agar jangan sampai terjadi seperti itu, maka dari itu perlu di ketahui oleh para warga penerima manfaat, bahwa bantuan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk RTLH sebesar Rp. 10.000.000,- tersebut, tidak bisa sepenuhnya (100%) dapat digunakan untuk memperbaiki rumah mereka, karena dari anggaran tersebut, disitu kita di kenakan pajak dan Pph sebesar 11.5%. imbuh Dede.
Jadi lanjut Dede, guna mensiasati agar dana tersebut bisa terserap maksimal kami juga akan mensosialisasikan kepada penerima bantuan untuk menentukan mana dulu rumahnya yang akan diutamakan untuk di rehab, apakah atap dulu, dindingnya dulu atau lantai nya dulu, karena jika untuk merehab tiga item “Aladin” tadi dengan anggaran kurang dari 10 jt tersebut kami rasa tidak akan mampu mencukupi.
“intinya kami tidak ingin kesalahan, kami juga berusaha transparan dan terbuka dalam hal ini, karena program ini diawasi oleh berbagai pihak, baik itu dari kepolisian Babinsa dan lainnya. tukas Dede.
Sementara itu salah seorang warga penerima bantuan yakni bapak Mansuri warga Kp. Pasir maung RT02 Rw 04 menyambut baik program yang akan dilaksanakan ini, “secara pribadi saya merasa senang dan sangat bersyukur dengan adanya bantuan Pemerintah melalui Desa ini, harapan saya semoga dengan bantuan tersebut bisa memperbaiki rumah kami, mungkin dengan uang segitu tentu tak akan cukup, tapi setidaknya bisa menjadikan rumah kami layak huni”, ujar Mansuri.
Kegiatan sosialisasi tersebut selain dihadiri langsung oleh Kepala Desa Citaringgul Freddy Agustian, SH, juga turut dihadiri Kasi Ekbang Kecamatan Babakan Madang, Babinsa Desa  Citaringgul, para TPK dan warga masyarakat lainnnya, dan untuk tahun 2019 Desa Citaringgul sendiri  mendapatkan bantuan RTLH sebanyak 12 Unit . (sto/yt)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *